Kunci Jawaban Simulasi KSN Geografi 2021 No 21-25 - Geograph88

June 01, 2021

Kunci Jawaban Simulasi KSN Geografi 2021 No 21-25

Halo teman-teman kembali lagi kita akan berikan pembahasan kunci simulasi KSN Geografi nomor 21-25. Mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Bagi yang mau versi video silahkan untuk cek dan subscribe chanel guru geografi. Link chanel ada di bawah postingan ini.

21. Sumber energi terbesar yang digunakan oleh Republik Rakyat Cina adalah ...
a. minyak
b. hidroelektrik
c. batubara
d. metana
e. nuklir

Kunci
Menurut data statistik, Cina adalah salah satu pengguna batubara terbesar. Ini karena batubara harganya murah dan di tahun 2009 saja Cina menggunakan 47% dari total konsumsi batubara dunia. Namun salah satu kerugian batubara adalah sisa pembakaran tidak sempurna sehingga menghasilkan polusi yang tinggi.

22. Wilayah yang berwarna cokelat pada peta mayoritas didiami etnis ...

a. Kurdi
b. Turki
c. Persia
d. Yahudi
e. Arab

Kunci
Orang Kurdi adalah kelompok etnis Iran yang berasal dari wilayah pegunungan di Asia Barat yang dikenal sebagai Kurdistan, yang membentang di tenggara Turki, Iran barat laut, Irak utara, dan Suriah utara. Populasi etnis ini diperkirakan 14-20 juta jiwa.

23. Semua peta pasti akan memiliki ....
a. multiple colour
b. skala bar
c. distorsi
d. representative fraction
e. warna tergradasi

Kunci
Semua peta nampaknya memiliki distorsi karena pemindahan bidang lengkung ke permukaan bumi (proyeksi peta) akan menghasilkan distorsi. Oleh sebab itu kita menggunakan beberapa macam proyeksi peta untuk mengurangi nilai distorsi tersebut sesuai wilayah mana yang akan dipetakan.

24. Semua di bawah ini merupakan model urban land use yang banyak dikenal, kecuali ...
a. Burgess
b. Christaller
c. Sectoral
d. Hoyt
e. Harris Ullman

Kunci
Model urban land use adalah model pola penggunaan lahan dalam suatu kota. Teori landuse diantara Burgess (konsentrik), Hoyt (sektoral) an Harris Ulman (Inti ganda). Sementara itu Christaller hanya menggambarkan jaringan pusat pelayanan pada suatu wilayah bukan tata guna lahannya.

25. Perhatikan gambar!
Gambar di atas merupakan peta vegetasi di dunia dan salah satu tipe vegetasi. Tipe vegetasi dan contoh negaranya adalah ...
a. Tundra Swedia
b. Tundra Alpen Mongolia
c. Praire AS
d. Sabana rumput Kanada
e. Stepa iklim sedang AS dan Kanada

Kunci
Gambar menunjukkan kenampakan vegetasi tundra. Tundra adalah suatu wilayah dingin yang kebanyakan berlokasi di lingkar Arktik dengan ciri-ciri vegetasi yang minim, cuaca dingin ekstrim dan ditutupi es saat musim dingin. Presipitasi di tundra sangat minim sama halnya dengan gurun. Tundra pada gambar merupakan Tundra dataran dan salah satu negara tempat keterdapatannya adalah di Swedia.

Share with your friends

Give us your opinion
close