Home » » Bentuk-Bentuk Gunung Api

Bentuk-Bentuk Gunung Api

Written By agnas setiawan on Tuesday, 22 January 2013 | 08:26


Gunung api merupakan bentukan alam yang terbentuk karena aktivitas magma yang keluar dari perut bumi. Di bumi ini terdapat beranekaragam bentuk gunung api. Berikut ini beberapa bentuk api yang ada di muka bumi

1. Stratovolcano
Gunung api ini berbentuk seperti kerucut. Puncak gunung api ini semakin lama semakin tinggi karena endapan erupsi lava dan bahan piroklastik dari kawah gunung. Pembentukan stratovolcano ini terjadi di zona subduksi. Di Indonesia gunung api strato paling banyak dijumpai. Contoh gunung api ini adalah Gunung Merapi, Gunung Tangkubanperahu, Gunung Semeru.

Merapi
2. Cinder Volcano
Gunung api ini memiliki karakteristik lubang kepundannya yang berbentuk seperti corong/kubah dengan kemiringan lereng yang curam. Gunung api ini memiliki letusan yang sangat besar berjenis stromboli. Contoh gunung api yang bertipe ini adalah Gunung Vesuvius di Italia. 

Vesuvius

3. Shield Volcano
Gunung api ini berbentuk seperti perisai atau tameng. Bentuk gunung api ini relatif datar dan landai karena jenis lava yang dierupsikan merupakan lava cair bersifat basalt. Shield volcano banyak terbentuk pada zona hot spot di tengah samudera. Contoh gunung api ini adalah Gunung Maona Loa di Hawai.

Maona Loa
4. Maar Volcano
Gunung api ini terbentuk dari erupsi eksplosif dan dikendalikan oleh dapur magma yang dangkal. Ketinggian gunung api ini rendah dan pasca letusan biasanya akan terbentuk danau yang dasarnya relatif kedap air. Contoh Maar Volcano adalah Eichholz Maar.

Eichholz Maar
Pincate Maar
5. Caldera
Adalah gunung api yang terbentuk karena runtuhan puncak gunung api sebelumnya. Kaldera merupakan kawah gunung api yang sangat luas dan di dalam kompleks kawah tersebut sering muncul gunung api baru seperti Kaldera Bromo dan Yellowstone.

Bromo Caldera
Proses Terbentuknya Kaldera
Share this article :

2 comments:

  1. Permisi, saya meminta izin untuk mengutip materi di blog anda. Sangat bermanfaat, terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan, terima kasih sdh berkunjung

      Delete

Penulis

My Photo
 Guru Geografi SMA GIBS Kalimantan Selatan
 
Support : Geograph88 | agnazgeograph | Template Gratis
Copyright © 2013. GEOGRAPH88 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger