Perpustakaan Sekolah - Geograph88

Perpustakaan Sekolah

Perpustakaan Sekolah
Setiap sekolah harus ditunjang dengan fasilitas pendukung pembelajaran. Salah satu fasilitas yang wajib terdapat dalam suatu sekolah adalah perpusatakaan. 

Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang tergabung pada sebuah sekolah, dikelola sepenuhnya oleh sekolah untuk mencapai tujuan khusus sekolah dan tujuan pendidikan pada umumnya. 

Tujuan khusus perpustakaan ini ialah membantu sekolah mencapai tujuannya sesuai dengan kebijakan sekolah tempat perpustakaan tersebut bernaung. Perpustakaan sekolah merupakan tempat yang menyediakan literatur yang berhubungan dengan mata pelajaran yang diajarkan di sekolah. 

Perpustakaan ini memudahkan siswa untuk mencari literatur atau sekedar untuk membaca guna menambah wawasan. 

Jadi, perbedaannya dengan perpustakaan lainnya adalah terletak pada koleksi buku yang ada di perpustakaan, artinya perpustakaan sekolah hanya menyediakan buku atau literatur yang cocok, sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan siswa. 

Atau dengan kata lain, perpustakaan sekolah hanya menyediakan buku-buku penunjang mata pelajaran.

Perpustakaan sekolah harus memiliki manajemen yang baik mulai dari librarian, manajemen arsip hingga server yang membantu pengunjung untuk menemukan buku yang mereka cari. 

Selain itu kebersihan dan kenyamanan ruangan perpustakaan juga menjadi faktor penarik agar siswa betah di perpustakaan. Beberapa contoh desain perpustakaan yang modern dapat dilihat pada gambar di bawah ini. 




Bagaimana,,, rapi dan bersih bukan?, semoga sekolah-sekolah di Indonesia dapat membuat perpustakaan seperti diatas agar siswa menjadi lebih gemar membaca di perpustakaan. 

Manajemen perpustakaan kelas dunia harus diterapkan di Indonesia jika ingin minat baca siswa dan guru semakin tinggi.

Gambar:
http://kualitasnews.com/index/images/perpustakaan.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEinHbiv5Yefs9a-mhGYKYpmWC4zqSwk47FILlkkaI1RMg8bHY0jwUU3YNeyAFv8NzOegljrQZG19WfmxwyFCbzFn7NXvkMaJXgwm6VNRBBtzCW06bgRoomPGw0Jeqm8o07LCa-o8SDlkks/s1600/perpustakaan-negara-malaysia1.jpg
http://www.openingthebook.com/media/31137/_dsc0006.jpg
close