Kunci Jawaban Evaluasi Geografi Halaman 173 Erlangga Sumber Daya Alam - Geograph88

Kunci Jawaban Evaluasi Geografi Halaman 173 Erlangga Sumber Daya Alam

Kunci Jawaban Evaluasi Geografi Halaman 173 Erlangga Sumber Daya Alam
Halo teman-teman sekalian, kali ini saya akan coba bahas lagi tentang kunci jawaban evaluasi geografi halaman 173 bab sumber daya alam buku Erlangga.

Sumber daya alam adalah segala suatu di alam ini khususnya di bumi yang bisa didayagunakan untuk kesejahteraan hidup manusia.

Kegiatan eksploitasi sumber daya alam adalah kegiatan yang biasa dilakukan manusia untuk mengambil sumber daya alam.

Akan tetapi eksploitasi yang berlebihan dan masif ternyata berdampak buruk bagi lingkungan. Eksploitasi harus diimbangi dengan rehabilitasi agar tidak terjadi bencana di kemudian hari.
Kunci Jawaban Evaluasi Geografi Halaman 173 Erlangga Sumber Daya Alam
Wisata Tebing Breksi Yogyakarta

Bagian 1. PG
1.D 2.E 3.C 4.B 5.C 6.A 7.A 8.C 9.A 10.E 11.A 12.E 13.B 14.B 15.D 16.B 17.D 18.C 19.D 20.E

Bagian 2 
1. pemulihan di masa datnag
2. Renewable resources
3. batubara, emas, timah (bahan galian)
4. Sabana
5. 120, 7 juta hektar
6. Kayu gergajian, barecore, veener dan kayu lapis
7. mangrove
8. Analisis Mengenai Dampak Lingkungan
9. memenuhi kebutuhan generasi sekarang tanpa mengurangi kemampuan generasi yang akan datang untuk memenuhi kebutuhannya
10. KKT Dunia

Bagian 3
1. Sumber daya alam hayati berupa mahluk hidup (hewan, tumbuhan) dan sumber daya non hayati berupa bahan galian
2. Jenis hutan di Indonesia:
a. hutan hujan adalah hutan belantara dengan tumbuhan bervariasi dan lembab. Sebarannya di Sumatera, Kalimantan Papua
b. hutan musim adalah hutan campuran dengan curah hujan tahunan 1.500-4.000 mm dan bisa menyesuaikan diri mengikuti musim. Sebarannya mayoritas di Jawa Tengah, Jawa Timur dan Nusa Tenggara
c. hutan sabana adalah hutan padang rumput dengan semak belukar di dalamnya. Sebarannya di Flores, Sumba dan Timor.
d. hutan rawa adalah hutan yang tumbuh pada daerah aluvial yang selalu tergenang air. Sebarannya di pantai timur Sumatera dan Kalimantan, Papua.
e. hutan gambut adalah hutan di daerah bertipe iklim A dan B menurut klasifikasi Koppen dengan tipe tanah organosol dan histosol. Sebarannya di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Papua dan Riau.
3. Beberapa komoditas logam dan mineral di Indonesia
- Timah di Bangka Belitung
- Emas, Tembaga, Perak di Tembagapura Papua
- Intan di Martapura
- Aspal di Buton
- Bauksit di Kalimantan Barat
- Nikel di Sulawesi
- Batubara di Sumatera dan Kalimantan
- Mangan di Pantai Selatan Jawa
4. Wisata alam adalah kegiatan rekreasi dengan memanfaatkan fenomena alam atau modifikasinya. Wisata budaya adalah perjalanan untuk memperluas pandangan hidup dengan mengunjungi lokasi tertentu untuk mempelajari kebiasaan, adat dan perilaku lokal masyarakat di dalamnya. Wisata buatan adalah kegiatan rekreasi dan pariwisata yang memanfaatkan objek wisata hasil kreasi manusia.
5. Agenda 21 Pembangunan Berkelanjutan
a. Pelayanan masyarakat di bidang pengentasan kaum miksin, perubahan pola konsumsi, dinamisasi kependudukan, pengelolaan dan peningkatan kesehatan, pengembangan perumahan dan pemukiman dan sistem perdagangan, global, instrumen ekonomi serta neraca ekonomi dan lingkungan terpadu.
b. Pengeloaan limbah yang meliputi perlindungan atmsofer, pengeloaan bahan kimia beracun, pengelolaan bahan berbahaya dan beracun, pengelolaan limbah radioaktif serta pengeloaan limbah padat dan cair.
c. Pengelolaan sumber daya tanah yang membuat penatagunaan sumber daya tanah, pengelolaan hutan, serta pengembangan pertanian di pedesaan dan pengelolaan sumber daya air.
d. Pengelolaan sumber daya alam yang mengutamakan konservasi keanekaragaman hayati, pengembangan bioteknologi, serta pengelolaan terpadu wilayah pesisir dan lautan,
close