Soal Latihan Geografi High Order Thinking Dinamika Penduduk - Geograph88

Soal Latihan Geografi High Order Thinking Dinamika Penduduk

Soal Latihan Geografi High Order Thinking Dinamika Penduduk
Halo teman-teman sekalian, langsung saja kali ini saya akan coba berikan lagi contoh soal geografi tipe hots terkait dinamika penduduk.

Dinamika penduduk dipengaruhi oleh kelahirna, kematian dan migrasi. Saat ini Indonesia memiliki problematika penduduk yang kompleks baik dari sisi kuantitas maupun kualitas.

Dari sisi kuantitas, Indonesia ranking 4 dalam hal populasi penduduk dunia sementara dari sisi kualitas, indeks pembangunan manusia kita masih kalah dibandingkan negara lain di ASEAN seperti Malaysia, Thailand, Vietnam dan Singapura.

Untuk mengatasi problematika tersebut dibutuhkan strategi yang jitu dan terarah dari pemerintah. Gambar: disini
Soal Latihan Geografi High Order Thinking Dinamika Penduduk
Para pekerja di ibukota
1. Di DKI Jakarta jumlah angkatan kerja perempuan pada bulan Februari 2017 sebesar 2.108.460 jiwa dan jumlah penduduk usia kerja sebesar 3.863.790 jiwa. Sementara itu angkatan kerja laki-laki di Jakarta sebesar 3.202.310 jiwa dengan jumlah penduduk usia kerja sebesar 3.856.960 jiwa. Maka pernyataan yang tepat mengenai tingkat partisipasi angkatan kerja di Jakarta pada Februari 2017 adalah ....
A. Tingkat partisipasi angkatan kerja perempuan lebih besar jika dibandingkan dengan laki-laki
B. Tingkat partisipasi angkatan kerja di Jakarta pada Februari 2017 didominasi oleh perempuan
C. Tingkat partisipasi angkatan kerja di Jakarta pada Februari 2017 kurang dari 50%
D. Tingkat partisipasi angkatan kerja perempuan kurang dari separuh jumlah penduduk usia kerja wanita
E. Tingkat partisipasi angkatan kerja di Jakarta pada Februari 2017 lebih dari 50%

Jawaban paling tepat adalah E
Caranya adalah dengan menghitung dulu angka partisipasi kerja perempuan dan laki-laki. Rumus TPAK adalah jumlah angkatan kerja/jumlah usia produktif x 100. Hasilnya adalah setelah dihitung
Partisipasi angkatan kerja perempuan = 54,56
Partisipasi angkatan kerja laki-laki = 83,02

Gimana sudah bisa cari kesimpulannya?. Coba tambahkan partisipasi kerja wanita dan laki laki (54 + 83) / 2 hasilnya 68,5. Jadi tingkat partisipasi angkatan kerja di Jakarta lebih dari 50% di bulan Februari 2017.

Gimana masih bingung?. Inilah contoh variasi soal hots yang bisa membingungkan siswa kalau tidak biasa berlatih soal. Mau banyak contoh soal geografi lainnya, follow instagram gurugeografi di bawah.
close