Home » » Tahap Perkembangan Negara (W.W Rostow) /Development Country Stage

Tahap Perkembangan Negara (W.W Rostow) /Development Country Stage

Written By agnas setiawan on Tuesday, 28 May 2013 | 22:03

W. W Rostow merupakan ahli ekonomi pembangunan asal Amerika. Ia mengemukakan teori mengenai perkembangan dan pertumbuhan sebuah negara mulai dari keadaan yang tradisional hingga modern. Menurut Rostow sebuah negara mengalami 5 tahapan perkembangan yaitu

1. Masyarakat tradisional
2. Pra Kondisi Lepas Landas
3. Lepas Landas
4. Kedewasaan
5. Konsumsi Tingkat Tinggi



Masyarakat Tradisional merupakan tahapan awal perkembangan sebuah negara. Sektor utama pada masa ini adalah pertanian dimana teknologi belum begitu aktif berperan. Masyarakat masih memegang teguh adat istiadat dan lebih percaya kepada hal-hal gaib. Produktivitas pertanian masih sangat rendah dan hanya bersifat memenuhi kebutuhan rumah tangga sendiri (subsisten farming).
Pra Kondisi Lepas Landas adalah keadaan dimana masyarakat sudah mulai memiliki pola pikir yang lebih maju. Keadaan ini merupakan bagian dari dampak adanya revolusi industri. Masyarakat sudah mengenal tabungan dalam rumah tangga. Sektor pertanian dikelola dengan cara yang lebih modern baik dari segi teknis maupun tujuannya.
Lepas Landas merupakan keadaan dimana pertumbuhan ekonomi suatu negara bergerak dengan cepat. Investasi di berbagai bidang industri mulai mendorong peningkatan pendapatan nasional. Tahap ini merupakan tahap kritis pada masa perkembangan suatu negara karena banyak terjadi kasus kesenjangan antar lapisan masyarakat.
Kedewasaan adalah keadaan masyarakat dimana investasi terus meningkat antra 40% sampai 60%. Teknologi baru mulai bermunculan seiring peradaban manusia yang terus maju. Tahapan ini  dimulai sekitar 60 tahunan setelah kondisi lepas landas. Di Eropa, fase ini berlangsung sekitar tahun 1900. Barang yang diproduksi mulai beranekaragam mulai dari barang konsumsi hingga barang berbentuk modal.
Konsumsi Tingkat Tinggi adalah fase dimana kondisi masyarakat secara umum sudah dikatakan makmur. Tingkat konsumsi masyarakat sudah sangat tinggi dikarenakan arus perdagangan lintas negara dan kebijakan-kebijakan pasar yang mendorong kemudahan transaksi ekonomi. 

Itulah sedikit penjelasan mengenai tahapan perkembangan sebuah negara. Lalu dimanakah kira-kira letak Indonesia saat ini?Silahkan jawab sendiri oleh anda?

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Timeline

Join with us

Penulis

My Photo
Manusia asal tasikmalaya,,berprofesi sebagai guru geografi di kalimantan selatan
 
Support : Geograph88 | agnazgeograph | Template Gratis
Copyright © 2013. GEOGRAPH88 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger