Jenis-Jenis Energi - Geograph88

Jenis-Jenis Energi

Jenis-Jenis Energi
Di postingan sebelumnya kita sudah mengenal tentang apa itu energi. Energi dapat dibedakan menjadi beberapa bentuk. 

Energi panas atau thermal energy membuat kita hangat dan menghasilkan tenaga. Energi kimia merupakan bahan bakar mobil dan pesawat. 

Energi listrik menggerakan mesin-mesin elektronik.Hampir semua bentuk energi dapat dirubah ke dalam berbagai bentuk. 

Apapun itu bentuknya, energi merupakan suatu hal yang sangat esensial dan diperlukan untuk melakukan suatu pekerjaan. Berikut ini daftar lengkap jenis-jenis energi.

1. Energi Biomassa
Merupakan energi yang berasal dari materi organik. Banyak manusia menggunakan energi biomassa untuk menghangatkan rumah atau membakar api unggun. Kegiatan pertanian juga banyak menggunakan biomassa. 

Contohnya jagung dapat difermentasi menjadi ethanol yang kemudian dibakar menjadi bahan bakar cair. Kayu merupakan sumber daya yangdapat diperbaharui karena ketika ditebang akan dapat ditanam kembali.

2. Energi Kimia
Merupakan energi yang tersimpan dalam molekul-molekul kimia dan dilepas ketika terjadi reaksi kimia.

Energi kimia menyimpan molekul secara bersama seperti contoh mesin mobil menggunakan energi kimia yang tersimpan dalam bensin dan manusia bergerak menggunakan energi kimia yang berasal dari makanan.

3. Energi Listrik
Merupakan energi yang terbentuk ketika partikel bermuatan ion negatif dan postif saling tarik menarik. Televisi, radio dan kulkas menggunakan energi listrik ketika dinyalakan.

4. Energi Kinetik
Merupakan energi gerak seperti contoh bola berguling, benda jatuh semuanya memiliki energi gerak. Angin dan air juga memiliki energi gerak. Suatu gerakan jika terhalang oleh suatu gaya tidak akan bergerak.

5. Energi Cahaya
Merupakan energi yang berasal dari partikel elektromagnetik tampak  seperti bola lampu, bintang dan kembang api. Bentuk lain dari energi cahaya termasuk infrared, dan sinar ultraviolet.

6. Energi Mekanik
Merupakan energi yang dapat digunakan untuk melakukan suatu pekerjaan dan merupakan penjumlahan total dari energi potensial dan energi kinetik.


7. Energi Tak Dapat Diperbaharui
Merupakan energi yang cepat habis digunakan dibandingkan dengan proses pembentukannya. Contohnya adalah minyak bumi, gas alam, batu bara dan uranium.

8. Energi Nuklir
Merupakan energi yang tertanam dalam inti atom radioaktif dan dapat dikeluarkan ketika atom-atom tersebut memencar. Di negara maju energi nuklir digunakan untuk menghasilkan listrik bagi masyarakat.

9. Energi Potensial
Merupakan energi yang tersimpan pada suatu objek dipengaruhi oleh posisi objek tersebut. Roller Coaster ketika berada di puncak lintasan memiliki potensial energi.

10. Energi Dapat Diperbaharui
Merupakan energi yang dapat dibuat dari sumber daya yang dapat diregenerasi seperti biomassa, kayu, air dan angin.

11. Energi Suara
Merupakan energi yang terbentuk ketika terjadi getaran seperti berbicara, memainkan musik, atau membanting gelas ke lantai.

12. Energi Panas
Merupakan energi yang dihasilkan ketika molekul mengalami pemanasan sehingga suhu nya naik. Contohnya ketika kamu memasak air, energi panas akan bergerak dalam air panci sehingga mengakibatkan air mendidih dan bergolak.

Sumber dan Gambar: disini
close