Contoh Soal Literasi AKM Topik Objek Studi Geografi + Kunci Jawaban - Geograph88

Contoh Soal Literasi AKM Topik Objek Studi Geografi + Kunci Jawaban

Contoh Soal Literasi AKM Topik Objek Studi Geografi + Kunci Jawaban
Halo teman-teman berikut ini contoh soal literasi geografi kelas 10 dengan topoik objek studi geografi. Soal dimodifikasi sesuai format AKM.

Untuk dua soal di bawah ini adalah model literasi dengan pilihan ganda standar dan pilhan ganda kompleks. Silahkan dipelajari.

4. Perhatikan berita berikut untuk menjawab soal no 4-5! [LITERASI Level 2]
KOTA BOGOR - Hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Kota Bogor pada Selasa (14/3) memicu terjadinya tanah longsor yang berupa tebing dengan tinggi 12 meter dan lebar 6 meter di Kampung Sirna Sari RT 07 RW 04, Kelurahan Empang, Kecamatan Bogor Selatan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor melaporkan bahwa material tanah longsor itu kemudian menimbun 6 unit rumah dan 1 tempat ibadah. Akibatnya sebanyak 17 warga turut tertimbun, di mana 11 ditemukan dalam kondisi selamat, 2 meninggal dunia dan 4 lainnya dalam pencarian.

Selain berdampak pada permukiman warga dan menyebabkan jatuhnya korban jiwa, peristiwa tanah longsor itu juga berdampak pada jalur kereta api relasi Bogor-Sukabumi sepanjang 15 meter. Atas peristiwa itu perjalanan kereta api menjadi terkendala.

Hingga hari ini, tim BPBD Kota Bogor, Basarnas, TNI, Polri, Pemadam Kebakaran, relawan penanggulangan bencana dan warga setempat melanjutkan upaya pencarian, pertolongan dan evakuasi terhadap dua korban yang belum berhasil ditemukan. Adapun tim gabungan tersebut sedikit terkendala karena lokasi terdampak sulit dijangkau dan berada di tebing serta pinggiran Sungai Cisadane.

https://www.bnpb.go.id/berita/tinjau-lokasi-tanah-longsor-di-bogor-kepala-bnpb-serahkan-dsp-500-juta-dan-akan-relokasi-warga

Berdasarkan cuplikan berita tersebut, longsor terjadi karena interaksi antara komponen objek material geografi yaitu  ....
A. antroposfer dan litosfer
B. atmosfer dan litosfer
C. atmosfer dan hidrosfer
D. hidrosfer dan antroposfer
E. litosfer dan hidrosfer

Kunci
Longsor adalah fenomena hidrometeorologis yang biasa terjadi di berbagai wilayah. Pada paragraf pertama terdapat cuplikan terkait adanya hujan dengan intensitas tinggi di kota Bogor sehingga memicu tebing longsor. Artinya longsor terjadi sebagai akibat interaksi kejadian di atmosfer dengan tanah atua litosfer.

5. [PG KOMPLEKS C3]
Berdasarkan informasi berita, langkah-langkah yang perlu dilakukan pemerintah dan masyarakat untuk mencegah potensi longsor di masa depan adalah ...
A. Merelokasi pemukiman di wilayah berkontur miring dan terjal
B. Mengurangi kegiatan pertanian intensif di lereng bukit
C. Mereboisasi perbukitan dengan vegetasi keras
D. Melakukan kerja bakti membersihkan gorong-gorong 
E. Merubah struktur rumah menjadi tipe panggung

Kunci
Untuk mencegah longsor di masa depan maka langkah antisipatif yang bisa dilakukan diantaranya adalah:
1. Merelokasi pemukiman di wilayah berkontur miring dan terjal, hal ini untuk mengurangi korban jiwa jika suatu saat longsor terjadi pada perbukitan.
2. Mengurangi kegiatan pertanian intensif di lereng bukit, karena pertanian intensif akan memodifikasi struktur tanah original sehingga akan mudah mengalami erosi.
3. Mereboisasi perbukitan dengan vegetasi keras, karena akar vegetasi yang keras sangat baik menjaga kestabilan lereng.
close