Menghitung Derajat Kemiringan Lereng Peta Topografi

- April 04, 2013
Peta topografi merupakan peta yang menggambarkan kenampakan tinggi rendah permukaan bumi. Dalam peta topografi simbol yang sering dijumpai adalah garis kontur yang membedakan jarak antar ketinggian. Kali ini saya akan membahas tentang salah satu cara menghitung derajat kemiringan lereng pada peta topografi.

Jika diketahui di soal terdapat peta topografi sebagai berikut


Jika jarak x dan y pada peta adalah 5 cm, Berapakah derajat kemiringan lerengnya?

Untuk menjawab soal tersebut ada beberapa tahapan yaitu:
1. Karena belum ada skala peta maka kita cari dulu skalanya dengan rumus Ci (Contour Interval). Ci pada peta adalah 50 m

Ci = 1/2.000 x penyebut skala
50 = 1/2.000 x penyebut skala
penyebut skala = 2.000 x 50
penyebut skala = 100.000
jadi skala peta tersebut adalah 1 : 100.000 m, jadi kalo dalam cm menjadi 
1 : 10.000.000 cm

2. Menentukan jarak di sebenarnya antara x dan y
Jarak di peta adalah 5 cm berarti 5 x 10.000.000 cm = 50.000.000 cm = 500.000 m

3.Menentukan selisih tempat x dan y
Di peta x = 900 m  y = 800 m, jadi 900 -800 = 100 m

4. Menghitung derajat kemiringan lereng

Kemiringan x-y = beda tinggi x-y/jarak di lapangan x 100

= 100/500.000 x 100
= 0,02 %

Kira-kira begitu pembahasannya. Kalo ada yang salah tolong koreksi ok,,saya kurang jago matematika soalnya. Kalau ada rumus yang lainnya yang lebih cepat tolong share..Terima kasih



Comments
12 Comments

12 komentar

avatar

1. Karena belum ada skala peta maka kita cari dulu skalanya dengan rumus Ci (Contour Interval). Ci pada peta adalah 50 m

Ci = 1/2000 x penyebut skala
50 = 1/2000 x penyebut skala
penyebut skala = 2000 x 50
penyebut skala = 10000

>> kenapa jadi 2000 x 50 itu = 10.000 ya??
kan harusnya 100.000?????? kalo dari atas salah, berarti di bawahnya juga salah.
iya ga??

avatar

oo..ya terima ksih,,nnti sya revisi jawabannya,,,

avatar

Jwbn yg diatas bknya sudh bnr ya . 2000*50 = 100.000

avatar

tadinya angka nol dibelkangnya kurang satu,,ini sudah diperbaiki..

avatar

kalau misal jarak x ke y blum diketahui gimna cara ngerjainnya , ,

avatar

saya blum tau klau soal sprti itu, msih mencari jln kluarnya..

avatar

Rumus Ci = 1/2000 x penyebut skala
kalau boleh dishare, rumus dari mana ya?
trims.

avatar

saya dulu pernah baca bahwa rumus itu berlaku di Indnesia, jadi 2000 itu kalau tidak salah dari ketinggian rata-rata topografi/bukit/apa saya lupa lagi di indonesia. Jadi kalau di luar negeri mungkin akan beda rumusnya. Bisa cek lagi kalau saya salah

avatar

bsa naya gk, daerah dengan topografi kemiringan 2 derajat itu daerah apa saja

avatar

pantai bisa, ladang jagung, perkebunan tebu .yang pasti 2 derajat itu mendekati datar/flat

avatar

ci pada peta 50 itu darimana ?? apa memang semua ci di peta 50 ?

avatar

gan mohon posting cara mencari ktinggian antar garis kontur trims

Berkomentar dengan bahasa yang baik ya!

 

Ketik materi yang kamu cari disini...

close
MAU KODE DISKON QUIPPER?