Tentang Sejarah Blog, Domain, Hosting dan Blogger - Geograph88

Tentang Sejarah Blog, Domain, Hosting dan Blogger

Tentang Sejarah Blog, Domain, Hosting dan Blogger
Apakah anda seorang blogger?. Jika ia tentu tahu tentang sejarah layanan sosial ini. 

Blog merupakan kependekan dari web blog. Blog merupakan aplikasi web yang berisi tulisan-tulisan atau paragraf dalam bentuk halaman. 

Blog pertamakali dipopulerkan oleh blogger.com yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum dibeli oleh Google pada 2002. 

Blog memungkinkan seseorang untuk menulis artikel-artikel tertentu terkait hobi masing-masing seperti kesehatan, pendidikan, sains, berita, dan lainnya. 

Fasilitas dalam sebuah blog saat ini beranekaragam mulai dari kolom komentar, background, jenis tulisan, template dan banyak lagi. 


Saat ini blog tersedia dalam bentuk free dan berbayar. Setiap jenis blog tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berbicara tentang blog tidak akan bisa dilepaskan dengan istilah domain dan hosting. 

Dua istilah tadi sangatlah erat dengan sebuah blog atau web. Domain pada dasarnya adalah nama blog itu sendiri misalkan abcd.blogspot.com, facebook.com, mydreams.com dan lainnya. 

Sedangkan hosting sendiri adalah tempat yang digunakan untuk menyimpan file-file kita dalam sebuah server. Jadi DOMAIN + HOSTING adalah BLOG/WEB. Jika anda seorang blogger pemula saya sarankan untuk belajar membuat blog free terlebih dahulu baru setelah itu beli yang berbayar agar terkesan lebih profesional dan tidak dicap suka gratisan. 

Tapi itu kembali lagi kepada tujuan utama anda dalam membuat blog. Kalau blog saya ini masih gratisan karena cuma untuk sharing belajar aja.

Orang yang secara rutin menulis dan berinteraksi di blog dinamakan blogger. Saat ini mungkin sudah ada jutaan blogger di Indonesia dengan berbagai kepentingan tentunya. Saat ini blog juga menjadi salah satu andalan dalam kegiatan bisnis karena simple. 

Blog geryang memiliki kesamaan identitas atau satu region wilayah biasanya sering membuat komunitas tersendiri dan di sela-sela waktunya melakukan kopdar alias kopi darat untuk sharing pengalaman. 

Begitulah sejatinya blog dapat digunakan sebagai sarana menyalurkan ide dalam bentuk tulisan dan dapat menambah kekerabatan diantara sesama blogger. Happy Blogging


Sumber dan Gambar:

wikipedia
close