Kewajiban Guru Geografi - Geograph88

Kewajiban Guru Geografi

Kewajiban Guru Geografi
Apakah anda seorang guru geografi?. Lalu apa saja kewajiban seorang guru geografi terhadap dirinya sendiri dan peserta didiknya?. 

Ulasan singkat berikut ini mungkin akan sedikit membantu. Pada dasarnya seorang guru harus memiliki kemampuan memberikan pendidikan dan pengajaran yang mudah dimengerti dan dicerna oleh peserta didiknya.

 Agar proses pembelajaran di kelas dapat mencapai target dan tujuan yang telah ditetapkan, seorang guru wajib melakukan kegiatan umum berikut:

1. Menyeleksi berbagai sumber pengajaran yang akan diajarkan. Tujuannya antara lain agar sumber pengajaran yang dipergunakan sesuai dengan materi atau topik bahasan yang akan diberikan ketika pembelajaran di kelas.

2. Menyesuaikan materi yang akan disampaikan dengan tingkat perkembangan anak. Tujuannya agar materi yang disampaikan dapat dicerna dan diterima dengan baik oleh anak didik.

Dua hal di atas merupakan kewajiban umum seorang guru agar kegiatan belajar berlangsung dengan baik dan menyenangkan.

Selain kewajiban umum tersebut, secara khusus seorang guru geografi wajib memiliki kemampuan yang sesuai dengan kedudukannya sebagai seorang guru geografi. Kewajiban yang harus dimiliki seorang guru geografi adalah:

1. Kemampuan menguasai materi Geografi. Hal ini merupakan tugas pokok dan berkaitan dengan fungsi guru tersebut sebagai pengampu matpel geografi. Tanpa penguasaan materi yang baik maka seorang guru geografi tidak akan dapat menjadi seorang guru yang baik dan tidak dapat menerjemahkan isi dari kurikulum dengan benar kepada anak didiknya.

2. Menguasai tujuan pengajaran geografi. Penguasaan akan tujuan pengajaran sangat diperlukan oleh seorang guru karena tanpa penguasaan tujuan pengajaran seorang guru tidak akan mampu menyampaikan berbagai macam materi pengajaran secara runtut dan terperinci yang berakibat tidak tercapainya tujuan pengajaran.

3. Tingkat perkembangan usia peserta didik. Perkembangan usia dan mental anak didik perlu diperhatikan oleh setiap guru sehingga dalam memberikan materi pengajaran nantinya akan disesuaikan dengan usia anak didik. 

Tidak semua materi geografi dapat dicerna dengan baik dan cepat oleh semua anak didik dan tugas guru lah memilih materi mana yang sekiranya cocok dan dapat diterima dengan baik oleh peserta didik sehingga proses pendewasaan cara berfikir siswa akan berjalan baik.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa seorang guru tidak hanya harus piawai dalam mengelola kelas namun lebih dari itu ia harus mampu menguasai bidang keilmuan yang ia akan ajarkan. 

Dengan memahami bidan keilmuannya khususnya geografi maka proses transfer ilmu kepada siswa akan berjalan dengan baik dan geografi tidak lagi dipandang sebagai pelajaran yang menjemukan. 

Tujuan utama guru geografi adalah membentuk kecerdasan spasial siswa agar dapat mengelola ruang tempat hidupnya dengan baik dan berkelanjutan.

Sumber dan Gambar:
disini
Iwan Herwaman. Geografi Sebuah Pengantar
close