Perbedaan Pasar Monopoli, Oligopoli, Monopsoni, Oligopsoni - Geograph88

Perbedaan Pasar Monopoli, Oligopoli, Monopsoni, Oligopsoni

Perbedaan Pasar Monopoli, Oligopoli, Monopsoni, Oligopsoni
Dalam ekonomi dikenal berbagai macam istilah pasar dan setiap pasar memiliki karakteristik masing-masing. Berikut ini jenis-jenis pasar berdasarkan pelaku usahanya.

Pasar monopoli adalah pasar dimana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pasar ini adalah seorang penjual atau monopolis. 

Sebagai price maker, maka seorang monopolis dapat menaikan atau mengurangi harga dengan cara menentukan jumlah barang yang akan diproduksi. 

Bila penetapan harga terlalu mahal maka orang akan menunda pembelian atau berusaha mencari barang subtitusi atau lebih buruk lagi mencari di pasar gelap (black market). 

Ciri utama pasar ini adalah seorang penjual yang menguasai pasar dengan jumlah pembeli yang sangat banyak. 

Perusahaan monopolis akan berusaha menyulitkan pendatang baru yang ingin masuk ke pasar tersebut dengan berbagai cara diantaranya dengan menetapkan harga serendah mungkin. 

Dengan menetapkan harga ke level paling rendah, perusahaan monopoli akan menekan kehadiran perusahaan baru yang memiliki modal kecil sehingga perusahaan tersebut tidak akan mampu bersaing dengan perusahaan monopolis yang sudah memiliki kekuatan pasar, image produk dan harga murah. 

Cara lainnya yaitu dengan menetapkan hak paten atau hak cipta pada suatu barang sehingga tidak akan ada perusahaan yang menjiplak.

Pasar oligopoli adalah pasar dimana penawaran suatu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. 

Dalam pasar ini setiap perusahaan memosisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan permainan pasar dimana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari tindak tanduk pesaing mereka. 

Praktek oligopoli umumnya dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menahan perusahaan-perusahaan potensial untuk masuk ke dalam pasar dan juga perusahaan-perusahaan melakukan oligopoli sebagai salah satu usaha untuk menikmati laba normal di bawah tingkat maksimum dengan menetapkan harga jual terbatas sehingga menyebabkan kompetisi harga diantara pelaku usaha menjadi tidak ada. 

Struktur pasar ini umumnya terbentuk pada industri yang memiliki capital intensive yang tinggi seperti semen, mobil dan kertas.

Pasar oligopsoni adalah keadaan dimana dua atau lebih pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan jasa dalam suatu pasar komoditas.

Pasar monopsoni adalah keadaan dimana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan jasa dalam suatu pasar komoditas. Monopsoni sering terjadi di daerah perkebuan dan pertanian.




Sumber:
disini
Ekonomi Internasiona. Apridal
BSE Ekonomi SMA

close