Elemen Orbit Satelit Inderaja - Geograph88

Elemen Orbit Satelit Inderaja

Elemen Orbit Satelit Inderaja
Saat ini penggunaan satelit untuk keperluan manusia semakin pesat khususnya di bidang penginderaan jauh.

Coba saja kamu cari di internet sudah berapa ratus bahkan ribuan satelit yang mengudara di angkasa bumi sampai saat ini. 

Hal-hal yang memengaruhi dalam menentukan jenis satelit inderaja adalah tinggi satelit, jenis dan elemen orbit yang digunakan. 

Ketinggian orbit wahana terbagi menjadi geosynchronous 36.000 km lebih, sun synchronous 800-1500 km atau orbit yang lebih rendah seperti pesawat ulang alik 240-280 km.Elemen orbit wahana terdiridari enam elemen sesuai dengan elemen orbit kepler yaitu:

1. Sumbu semimayor (A)
2. Eksentrsitas orbit (e)
3. Sudut inklinasi (i)
4. Right ascension Asscending node (h)
5. Perigee tetap (g)
6. Periode melewati perigee

Satu titik ruang angkasa dapat digambarkan dengan sistem koordinat ekuator dengan titik pusatnya adalah pusat bumi. 

Sistem koodinatekuator terdiri dari lingkaran acuan utama, bidang ekuator dan titik pusat garis bujur astronomis (right ascension), vernal equuinox, garis bujur astronomis (right ascension):0-24 jam sebelah timur vernal equinox. 

Sedangkan deklinasi garis bujur astronomi adalah sudut yangh dibuat dengan bidang equator, dengan +90 derajat di kutub utara dan -90 derajat di kutub selatan.

Orbit satelit berdasarkan inklinasi, periode dan pengulangannya dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu:

1. Orbit geosynchronous: orbit dengan arah dan kecepatan rotasinya sama dengan arah dan kecepatan bumi. Orbit geosynchronous dengan inklinasi = o disebut dengan orbit geostationer karena satelit berada pada titik tetap di atas ekuator. 

Satelit geostationer dapat mengamati sepertiga permukaan bumi atau 120 derajat. Jenis satelit inderaja yang biasa menggunakan tipe ini adalah satelit meteorologi dan komunikasi.

2.Orbit sun synchronous: sebagian besar satelit observasi seperti LANDSAT dengan ketinggian orbit lebih rendah menggunakan orbit sunsynchronous dan semirecurrent. 

Orbit jenis ini didefinisikan sebagai orbit dengan bidangorbit berotasi dalam satu tahun bersamaan dengan satu tahun bergeraknya matahari. 

Keuntungan orbit tipe ini adalah kondisi pengamatan bisa dijaga dengan sudut datang cahaya matahari tetap.

3. Orbit semirecurent: recurent didefinisian sebagai orbit yang aklan kembali pada titik yang sama satu kali dalam satu hari,semirecurrent kembali ke titik yang sama lebih dari satu kali dalam satu hari sehingga bisa mengamati seluruh permukaan bumi dengan lebih baik.

Sumber:
close