Pengertian, Peranan Pasar Modal Dalam Ekonomi - Geograph88

Pengertian, Peranan Pasar Modal Dalam Ekonomi

Pengertian, Peranan Pasar Modal Dalam Ekonomi
Pasar modal atau sering disebut juga sebagai bursa efek adalah pasar tempat bertemunya permintaan  dan  penawaran  dana-dana  jangka  panjang  dalam  bentuk  penjualan  dan pembelian surat-surat berharga. 

Berbeda dengan pasar uang yang merupakan pertemuan antara permintaan dan penawaran dana jangka pendek, dana dari pasar modal umumnya digunakan untuk membiayai pembangunan proyek-proyek yang tidak segera menghasilkan uang. 

Sebagai contoh untuk pembangunan pabrik, jalan tol, dan pengembangan produk.

Dari sisi penawaran surat berharga, pasar modal terbagi atas dua, yaitu pasar perdana dan pasar sekunder. Pasar perdana merupakan pasar tempat penawaran umum (public offering) sekuritas pertama kali ditawarkan kepada investor. 

Penawaran umum merupakan kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk memperoleh dana dari investor dengan cara menjual  saham  atau  obligasi.  Penawaran  umum  sering  disebut  dengan  istilah go  public. 

Dengan go public, perusahaan mendapatkan dana sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut. Pihak atau perusahaan yang menawarkan efeknya kepada masyarakat investor melalui penawaran umum disebut dengan emiten.
Pengertian, Peranan Pasar Modal Dalam Ekonomi
Ilustrasi pasar modal
Pengertian, Peranan Pasar Modal Dalam Ekonomi
Perbedaan pasar modal dan pasar uang

Peranan Pasar Modal
Secara umum peran pasar modal adalah sebagai berikut.
1. Sebagai sarana penambah modal bagi badan usaha. Perusahaan dapat memperoleh dana  dengan  cara  menjual  surat  berharga  di  pasar modal sehingga  perusahaan mendapatkan tambahan modal guna kelancaran kegiatan usaha.
2. Sebagai  sarana  pemerataan  pendapatan.  Setelah  jangka waktu  tertentu,  surat berharga yang telah diberikan akan memberikan keuntungan, misalnya dividen bagi pemegang saham. Oleh karena itu, penjualan surat berharga di pasar modal dapat dianggap sebagai sarana pemerataan pendapatan.
3. Sebagai sarana peningkatan kapasitas produksi.
4. Sebagai sarana  penciptaan  lapangan kerja.  Keberadaan   pasar   modal   dapat mendorong muncul dan berkembangnya industri lain yang berdampak terciptanya kesempatan kerja.
5. Sebagai sarana peningkatan pendapatan  negara.  Setiap  dividen  yang  dibagikan kepada pemegang saham akan dikenakan pajak oleh pemerintah. Adanya tambahan pemasukan melalui pajak ini akan meningkatkan pendapatan negara.
6. Sebagai   indikator   perekonomian   negara.   Aktivitas   dan   volume   penjualan   dan pembelian  surat  berharga  di  pasar  modal  yang  semakin  meningkat  memberikan indikasi  bahwa  aktivitas  bisnis  berbagai  perusahaan  berjalan  dengan  baik,  begitu pula sebaiknya.
close