Pengalaman Lidah Mati Rasa Hampir Sebulan - Geograph88

Pengalaman Lidah Mati Rasa Hampir Sebulan

Pengalaman Lidah Mati Rasa Hampir Sebulan
Kali ini saya akan bercerita sedikit nih tentang pengalaman yang kurang enak yaitu lidah mati rasa hampir sebulan.

Jadi cerita kronologinya gini nih, di awal bulan April saya sakit flu batuk karena cuaca yang berubah cepat.

Seperti biasa malam hari saya meriang, tenggorokan sakit, demam dan hidung meler padahal esoknya harus jaga ngawas UN di sekolah lain. Saya lalu beli obat flu di warung dengan harapan esok bisa lebih baik.

Bangun pagi keesokan harinya ternyata badan masih meriang tapi saya paksakan untuk berangkat kerja karena cuma sehari saja.

Dengan badan yang kurang fit saya pergi untuk ngawas UN dua sesi dari pukul 7 sampai pukul 12 siang. Pederitaaan semakin bertambah karena saya mengawas di ruang komputer ber AC, hidung pun mulai banyak lendir.

Singkat cerita setelah beres ngawas dan pamitan saya pulang dengan kepala pusing. Sampai di rumah flu dan batuk semakin menjadi-jadi dengan penciuman yang berkurang, aneh dan lidah yang mulai mati rasa.

Makan gak enak dan tidak bisa mencium bau adalah hal menjengkelkan. Esoknya saya pergi ke puskesmas untuk berobat lalu dikasih obat standar paracetamol dan predinsone. Karena penasaran saya cek literasi tentang predinson, ternyat masuk obat dewa dengan efek samping dewa. Tapi karena udah dikasih puskesmas ya diminum saja.
Lidah mati rasa menjengkelkan
Dua hari berlalu dan obat sudah habis namun kondisi masih drop. Lalu saya ingat pesan nenek saya bahwa kita adalah apa yang kita makan, jadi saya usahakan makan makanan bergizi, sayur, buah, hindari gorengan. Alhamdulillah ternyata flu dan batuk mulai reda, meski masih ada sedikit lendir di tenggorokan.

Untuk mengatasinya saya peras lemon dengan air hangat untuk mengencerkan lendir. Setelah seminggu lebih, batuk sembuh dengan sendirinya.

Tapi kemudian ada hal aneh yang terasa yaitu lidah jadi tidak bisa merasakan asin, manis, pahit dan ini baru kali pertama mengalaminya padahal flu batuk udah lewat.

Saya googling baca-baca ternyata ada beberapa sebab lidah mati rasa mulai dari kondisi drop, perubahan hormon, kekurangan vitamin B, virus herpes dll.

Saya kemudian membiarkan saja hal tersebut karena kondisi badan sepenuhnya udah sehat tidak sakit apapun jadi saya simpulkan sendiri mungkin saya kekurangan vitamin atau ada efek samping obat yang dulu.

Saya ingat kembali pesan dokter senior di Jogja dulu bahwa tubuh itu punya sistem imun sendiri jadi jangan dikit-dikit ke dokter, perbanyaklah baca literasi dan pahami tubuh sendiri. Kamu adalah dokter buat tubuhmu sendiri.

Jadi setelah beberapa hari sampai dua mingguan lebih lidah masih mati rasa dan makan jadi kurang enak. Indera perasa berkaitan dengan indera penciuman jadi mungkin karena saya punya rhinitis alergi maka penyebabnya itu.

Selain itu saya beli vitamin neurotropoik dan suplemen zink karena ada indikasi bahwa kekurangan vitamin juga bisa menyebabkan lidah mati rasa.

Hari-hari berlalu akhirnya setelah 3 mingguan lidah saya mulai kembali normal dan bisa menikmati makanan, alhamdulillah. Ternyata nikmat sehat itu tiada bandingannya.

Untung saya tidak pergi ke dokter yang maaf saja kalau di Indonesia selalu dikit-dikit obat, konsultasi dan ngasih ilmunya malah dikit. Ada satu dokter yang pernah saya temui yang ngasih obat dikit tapi konsul dan ngasih ilmu nya lama dan ini langka.

Semakin banyak obat masuk maka tubuh makin banyak zat aditif dan berbahaya. Jadi mulai dari sekarang saya beli makanan sehat, buah-buahan dan madu. Mencegah lebih baik dan murah dibanding mengobati yang mahal banget di Indonesia, iya gak!.

Gambar: disini
close