Ayo Tanam Pohon, Inilah Fungsi Tumbuhan Bagi Kehidupan - Geograph88

Ayo Tanam Pohon, Inilah Fungsi Tumbuhan Bagi Kehidupan

Ayo Tanam Pohon, Inilah Fungsi Tumbuhan Bagi Kehidupan
Apa jadinya kalau di Bumi tidak ada tumbuhan?. Tumbuhan atau plantae adalah bagian terpenting dalam struktur kehidupan di muka bumi.

Kingdom Plantae atau tanaman meliputi semua vegetasi di darat seperti lumut, pakis, konifer, tanaman berbungan dan lainnya dengan bentuk-bentuk yang menakjubkan.

Kingdom tanaman punya lebih dari 250.000 spesies dan menduduki posisi kedua di bawah arthropoda.

Tanaman sudah ada sejak lama dan pertama kali muncul di masa Ordovisium namun tidak seperti tumbuhan jaman now yang modern hinnga akhir Silur.

 Menjelang akhir zaman Devon sekitar 360 juta tahun lalu ada beberapa macam bentuk dan ukuran tanaman di bumi termasuk tanaman merayap kecil dan pohon-pohon khas hutan yang tinggi

Tanaman sudah ada sejak lama. Tumbuhan pertama kali muncul di Ordovician, tetapi tidak mulai menyerupai tumbuhan modern hingga Akhir Siluria.

Menjelang akhir zaman Devonian, sekitar 360 juta tahun yang lalu, ada berbagai macam bentuk dan ukuran tanaman di sekitar, termasuk tanaman merayap kecil dan pohon hutan yang tinggi.

Kontribusi Plantae Dalam Ekosistem
Ragam jenis plantae
Fitur paling mencolok dan penting pada tanaman adalah tidak lain warna hijau mereka. Warna hijau ini hasil dari pigmen yang disbeut klorofil. Tanaman menggunakan klorofil untuk menangkap energi cahaya yang akan menjadi bahan pembuatan makanan berupa saripati gula, pati dan karbohidrat lain.

Tanpa sumber makanan ini maka sebagian besar kehidupan di bumi tidak pernah ada guys. Ada lagi tipe jamur dan gangang namun tidak akan dijumpai buah, sayuran, biji-bijian atau hewan apa pun.
Kontribusi penting lain tanaman adalah pembentukkan lingkungan mereka.

Kontribusi Plantae Dalam Ekosistem
Plantae adalah produsen makanan
Pikirkan sebuah lokasi tanpa ada tanaman. Satu satunya tempat itu mungkin adalah gurun di kutub atau laut dalam. Di mana-mana dari tundra ke hutan hujan, padang pasir pasti akan dihuni tanaman.

Di dalam gua pun pasti ada tanaman walaupun dalam rupa lumut. Tumbuhan berkontribusi menyumbang oksigen bagi keberlangsungan mahluk hidup di bumi jadi mahluk ini sangat vital bagi keberlanjutan bumi. Masih mau menghancurkan hutan atau tanaman disekitarmu?.

Berikut karakteristik plantae secara umum
1. Sebagian besar tanaman berjenis eukariotik dan masuk organisme berklorofil.
2. Dinding sel tanaman terdiri dari selulosa.
3. Memiliki kemampuan pembelahan sel.
4. Dalam siklus hidup sel, percabangan terjadi
5. Tanaman punya organ dan sistem organ.
6. Memperoleh energi dari proses fotosintesis.
7. Reproduksi baik seksual maupun aseksual.
8. Tanaman mengembangkan mekanisme pertanahan diri untuk melindungi dari serangan organisme lain.
9. Bersifat multiseluler, eukariotik dan autotrof.
10. Tidak bisa bergerak sendiri atau bebas seperti mahluk lain.
close