Ekosistem: Pengertian dan Batas Ukuran Ekosistem Di Bumi - Geograph88

Ekosistem: Pengertian dan Batas Ukuran Ekosistem Di Bumi

Ekosistem: Pengertian dan Batas Ukuran Ekosistem Di Bumi
Ekosistem merupakan satuan fungsional dasar dalam ekologi, karena ekosistem tersusun atas mahluk hidup dan lingkungan organisme (biotik) dan lingkungan abiotik, masing-masing memengaruhi sifat-sifat lainnya dan keduanya perlu untuk memelihara kehidupan sehingga terjadi keseimbangan, keselarasan dan keserasian di bumi ini.

Dalam hal ini, fungsi utama ekosistem di bumi adalah pada hubungan wajib ketergantungan dan hubungan sebab akibat yang merupakan perangkaian komponen-komponen untuk membentuk satuan-satuan fungsional.

Sifat universal dari setiap ekosistem, apakah itu ekosistem alami atau ekosistem buatan manusia yang meliputi ekosistem daratan, air tawar atau laut maupun ekosistem lanskap, pertanian serta ekosistem lainnya adalah interaksi dari komponen-komponen autotrof dan heterotrof. Karena itu ekosistem merupakan konsep sentral dalam ekologi. 

Dengan konsep ekosistem, komponen-komponen lingkungan hidup harus dilihat secara terpadu sebagai komponen yang berkaitan dan tergantung satu sama lain dalam suatu sistem. Cara inilah yang dimaksudkan dengan pendekatan ekosistem atau holistik.

Ekosistem dapat dipahami dan dipelajari dalam berbagai ukuran apakah itu sebuah kolam, danau atau sebidang kebun, hutan atau lanskap. Bahkan sebuah laboratorium pun meurpakan satuan ekosistem yang dapat diamati. 

Ekosistem hutan mati Papandayan
Selama komponen-komponen pokok ada dan berinteraksi membentuk sistem kerja sama untuk mencapai suatu kemantapan fungsional, walaupun hanyda dalam waktu singkat, kesatuan itu dapat dianggap sebagai suatu ekosistem.

Perbedaan ekosistem yang satu dengan yang lainnya dapat ditentukan oleh:
1. Jumlah jenis organisme produsen.
2. Jumlah organisme konsumen.
3. Jumlah keanekaragaman mikroorganimse.
4. Jumlah dan macam komponen abiotik.
5. Kompleksitas interaksi antar komponen.
6. Berbagai proses yang berjalan dan ekosistem.
close