Cara Mengukur Kadar Pencemaran Air - Geograph88

Cara Mengukur Kadar Pencemaran Air

Cara Mengukur Kadar Pencemaran Air
Coba kamu pergi ke sungai atau saluran air dekat tempat tinggalmu?. Apakah airnya tercemar atau tidak?. 

Bagaimana kita tahu bahwa air di sungai atau selokan tersebut tercemar?. Sebenarnya hal paling mudah untuk mengukur air itu tercemar atau tidak adalah dengan melihat warna dan bau air tersebut. 

Namun sebenarnya untuk mengukur dampak pencemaran pada badan air, dapat digunakan model matematis berdasarkan pada prinsip hukum keseimbangan massa dimana besaran massa yang masuk besaran massa keluar harus sama.

Sebaran bahan polutan atau pencemar air sangat dipengaruhi oleh faktor: kecepatan arus, berat jenis bahan pencemar, sifat bahan pencemar dan kualitas air. 

Sumber polutan oleh kegiatan alam pada dasarnya berasal dari peningkatan zat padat tersuspensi akibat erosi tanah, banjir atau intrusi air laut contohnya. 

Sementara itu sumber polutan air oleh kegiatan manusia misalnya berasal dari kegiatan industri, rumah tangga, pemanfaatan hutan, pertambangan, pertanian, transportasi dan pariwisata.
Parameter Pencemaran Air
Pencemaran air sungai menghancurkan biota di dalamnya,
Parameter pencemaran air yang umum digunakan untuk menganalisis limbah cair adalah:
1. Parameter Fisika, meliputi suhu, warna, bau, rasa, kekeruhan, zat padat tersuspensi.
2. Parameter Kimia, meliputi pH, zat organik termasuk minyak, zat anorganik seperti logam berat (Pb dan Cd) dan logam non berat seperti nitrat sulfat.
3. Parameter Bakteriologi, meliputi bakteri coliform, bakteri parasitik dan bakteri patogenik.
4. Radioaktifitas
5. Pestisida

Besarnya dampak pencemaran pada badan air adalah konsentrasi pencemar di sungai sebelum mendapat beban pencemaran dikurangi dengna konsentrasi pencemar air sungai setelah mendapat beban pencemaran baru.

DAMPAK = Kp -KPs

Kp = konsentrasi pencemar di sungai sebelum mendapat beban pencemar
Kps = konsentrasi pencemar di sungai setelah mendapat beban pencemar baru

Bila hasilnya negatif maka terjadi pencemaran di sungai tersebut dan semakin besar hasil negatifnya maka dampak pencemaran semakin tinggi.

Gambar: http://japanhs.weebly.com/
close