Contoh Sel Mahluk Hidup - Geograph88

Contoh Sel Mahluk Hidup

Contoh Sel Mahluk Hidup
Semua mahluk di bumi ini merupakan organisme bersel, ada yang bersel satu dan ada pula yang bersel banyak. 

Lantas, apa yang dimaksud dengan sel?. Sel (biologi) merupakan unit terkecil atau dasar suatu kehidupan. 

Sel merupakan struktur terkecil kehidupan yang mampu melakukan kegiatan seperti mengambil nutrisi, membuang limbah dan reproduksi. Semua mahluk hidup berasal dari sel. 

Beberapa organisme mikroskopis seperti bakteri dan protozoa berjenis uniseluler yang berarti punya satu sel saja sedangkan tumbuhan, hewan dan manusia merupakan multiseluler atau dibangun dari berbagis jenis sel. 

Sel adalah sebuah keajaiban desain dan efisiensi. Sel melakukan ribuan reaksi biokimia setiap menit dan mereproduksi sel-sel baru untuk menghasilkan kehidupan.

Sel memiliki variasi bentuk dan ukuran. Sel terkecil yaitu jenis bakteri bernama Mycoplasma memiliki ukuran 0,0001 mm diameter. 10.000 Mycoplasma jika dijejerkan hanya setebal satu helai rambut manusia. 

Sedangkan sel terbesar contohnya sel saraf yang berjalan sepanjang leher jerapah dengan panjang mencapai 3 meter. Sel manusia juga memiliki ukuran bervariasi mulai dari sel darah merah (terkecil) 0,00076 mm hingga sel hati yang10 kali lebih besar.

Apa itu Sel?
Sel Amoeba,
Apa itu Sel?
Sel Saraf,

Karena perbedaan mereka dalam ukuran, sel memiliki berbagai bentuk. Beberapa, seperti bakteri Escherichia coli, menyerupai batang. 

Paramecium, sejenis protozoa berbentuk seperti sandal; dan amuba, protozoa lain, memiliki bentuk yang tidak teratur yang berubah bentuk ketika bergerak di lingkungan. Sel tumbuhan biasanya menyerupai kotak atau kubus. 

Pada manusia, lapisan terluar dari sel-sel kulit berbentuk datar, sementara sel-sel otot berbentuk panjang dan tipis. Beberapa sel-sel saraf, berbentuk memanjang dengan tentakel seperti gurita.

Pada organisme multisel, bentuk biasanya disesuaikan dengan pekerjaan sel tersebut. Misalnya, sel-sel kulit berbentuk datar untuk melindungi jaringan di bawahnya dari invasi oleh bakteri. 

Sel-sel otot berbentuk panjang dan tipis agar mudah menggerakan tulang. Banyak ekstensi dari sebuah sel saraf memungkinkan untuk terhubung ke beberapa sel-sel saraf lain untuk mengirim dan menerima pesan dengan cepat dan efisien.

Dengan sendirinya, setiap sel adalah berdiri sendiri dan dapat hidup sendiri. Seperti sebuah kota metropolitan, sel terus ramai dengan lalu lintas, bolak-balik molekul penting dari tempat ke tempat untuk melaksanakan bisnis hidup. 

Meskipun bersifat individu, bagaimanapun, sel juga menampilkan kemampuan luar biasa untuk bergabung, berkomunikasi, dan berkoordinasi dengan sel lainnya. 



Tubuh manusia, misalnya, terdiri dari sekitar 20-30000000000000 sel. Puluhan berbagai jenis sel tersebut akan disusun dalam kelompok-kelompok khusus yang disebut jaringan. Tendon dan tulang, misalnya, terdiri dari jaringan ikat, sedangkan kulit dan selaput lendir yang dibangun dari jaringan epitel. 



Jenis jaringan yang berbeda dirakit menjadi organ, yang merupakan struktur khusus untuk melakukan fungsi tertentu. Contoh organ termasuk jantung, lambung, dan otak. 

Organ, pada gilirannya, akan disusun dalam sistem seperti peredaran darah, pencernaan, atau sistem saraf. Semua bersama-sama, sistem organ dirakit ini membentuk tubuh manusia.

Komponen sel merupakan molekul, struktur tidak hidup yang merupakan kumpulan atom. Molekul kecil berfungsi sebagai blok bangunan untuk molekul yang lebih besar. Protein, asam nukleat, karbohidrat, dan lipid, yang meliputi lemak dan minyak, adalah empat molekul utama yang membangun struktur sel dan juga berpartisipasi dalam fungsi sel.


Misalnya, pengaturan terorganisir erat lipid, protein, dan senyawa protein gula membentuk membran plasma, atau batas luar, sel-sel tertentu. 

Organel, kompartemen membran-terikat dalam sel, yang dibangun sebagian besar dari protein. Reaksi biokimia dalam sel dipandu oleh enzim, protein khusus yang mempercepat reaksi kimia. 

Asam nukleat asam deoksiribonukleat (DNA) berisi informasi turun-temurun sebuah sel, dan asam nukleat lain, asam ribonukleat (RNA), bekerja dengan DNA untuk membangun ribuan protein kebutuhan sel. 

close