Fungsi Utama Liver Manusia - Geograph88

Fungsi Utama Liver Manusia

Fungsi Utama Liver Manusia
Hati merupakan organ tubuh internal manusia paling besar dan organ metabolik paling kompleks. Hati juga merupakan kelenjar terbesar pada manusia. Berat hati manusia sekitar 1,5 kilogram. Studi tentang hari dinamakan Hepatologi (hepar= hati (Yunani).

Anda yang masih memiliki gaya hidup tidak sehat sebaiknya segera berubah sebelum hati anda rusak. Hati memiliki sekitar 500an fungsi bagi tubuh manusia, dan beberapa diantaranya adalah:
1. melawan infeksi
2. menetralisir racun dan bahan kimia berbahaya seperti alkohol, bir, anggur dan obat-obatan.
3. detoksifikasi kotoran manusia
4. memeriksa nutrisi sebelum mereka diizinkan masuk ke aliran darah manusia
5. memproduksi protein dan hormon
6. membantu pembekuan darah
7. menyimpan zat besi dan vitamin, mineral lain. Memungkinkan untuk mencerna lemak dalam makakan dengan melepas cairan empedu
8. menghasilkan glukosa dalam bentuk glikogen
9. mensintesa kolesterol

Fungsi Liver Bagi Manusia dan Cara Menjaganya
Organ Hati Manusia,
pic:http://bankofbiology.blogspot.co.id/
Hati adalah satu-satunya organ dalam yang bisa meregenerasi diri sendiri !! Jadi seseorang dapat menyumbangkan sebagian dari hatinya untuk orang lain. Ketika sebagian dari hati ditransplantasikan, pendonor hati akan beregenerasi kembali ke ukuran aslinya sementara bagian ditransplantasikan akan tumbuh dengan ukuran yang sesuai untuk penerima. Sekitar 1,4 liter jus empedu dihasilkan hati setiap hari.

Carian empedu diproduksi dari hati. Hal ini digunakan untuk memecah lemak makanan menjadi tetesan kecil. Ini memfasilitasi pencernaan lemak. Hati mengandung sekitar 10% dari darah dalam tubuh Anda dan memompa sekitar 1,4 liter darah per menit.Transplantasi hati manusia pertama dilakukan oleh Dr Thomas E. Starzl (1963). Tapi itu tidak 100% berhasil karena kurangnya obat imunosupresif. Empat tahun kemudian, ia melakukan transplantasi hati pertama dan sukses. Hepatitis B (penyakit virus) adalah salah satu bentuk yang paling serius dari hepatitis. Yayasan Hati National melaporkan Hepatitis B lebih umum dan lebih menular dibandingkan AIDS.
Hepatitis B kronik akan menyebabkan sirosis hati (merusak sel-sel hati).

Satu gelas anggur, atau sekaleng bir atau wiski bisa sama-sama merusak hati. Alkoholisme sebagian besar menyerang hati. Hal ini menyebabkan kerusakan jaringan hati yang disebut sirosis hati. Jika Anda menghindari alkohol selama seminggu dan, kemudian, pesta minuman pada akhir pekan, ini juga buruk dan dapat menyebabkan kerusakan yang lebih besar. Siapa saja yang minum lebih dari lima gelas alkohol per hari berisiko serius mengembangkan penyakit hati alkoholik.

Bagaimana Menjaga Kesehatan Liver/Hati?
1. Hindari alkohol sama sekali.
2. Hindari penggunaan obat yang berlebihan. Jangan menggunakan obat-obatan tanpa nasihat dari dokter.
3. Berhati-hati dengan semprotan aerosol di rumah. hati Anda mendetoksifikasi apa yang Anda hirup. Saat menggunakan pembersih aerosol, semprotan jamur dan semprotan cat, misalnya, pastikan ruangan berventilasi baik atau memakai masker.
4. Setiap kali Anda menggunakan insektisida, menutupi kulit Anda dengan sarung tangan, lengan panjang, topi dan masker. Bahan kimia berbahaya bisa memasuki tubuh melalui kulit Anda dan menghancurkan sel-sel di hati.
5. Jangan mendekati orang yang terkena virus hepatitis. Mereka hidup dalam cairan tubuh, darah, air liur dan cairan mani.
6. Makan, diet sehat seimbang tanpa terlalu banyak lemak.
close