Perkembangan Biologi Sebagai Ilmu - Geograph88

Perkembangan Biologi Sebagai Ilmu

Perkembangan Biologi Sebagai Ilmu
Biolog adalah ilmu yang sangat penting dalam kehidupan ini. Dengan beragam penelitian ilmiah sains modern, berbagai rekayasa biologi kini sudah banyak bermunculan. 

Meskipun penelitian ilmiah memiliki keunggulan, namun para pakar biologi berkeyakinan bahwa kebenaran ilmiah bukanlah kebenaran mutlak. 

Hal ini disebabkan antara lain karena pengembang ilmu yaitu manusia memiliki keterbatasan. 

Pikiran dan indera manusia terbatas kemampuannya. Misalnya ketika mikroskop belum ditemukan, orang tidak dapat mengembangkan ilmu tentang mikroorganisme. 

Dulu orang yang menderita sakit disangka darahnya kotor. Darah kotor itu harus dikeluarkan. 

Salah satu caranya adalah tubuh penderita diberi lintah agar binatang itu dapat menyerap darah kotor. Karena itu lintang diberi nama Hirudo medicinalis

Dulu orang mengira penyakit malaria diakibatkan oleh cuaca buruk (malaria berarti udara buruk). Kini kita tahu bahwa penyakit malaria diakibatkan oleh Plasmodium yang hidup di dalam darah yang ditularkan oleh nyamuk Anopheles.

Perkembangan Biologi: Cabang, Ruang Lingkup dan Manfaat
Biologi semakin berkembang masa ke masa
Banyak teori dalam biologi yang berlaku pada masa lalu kini tumbang seiring ditemukannya teori dan fakta baru. 

Ada kemungkinan teori yang berlaku di saat ini masih akan ditumbangkan teori di masa depan. 

Berdasarkan hal ini keyakinan para pakar terhadap kebenaran ilmiah bukanlah merupakan keyakinan mutlak. Kebenaran ilmiah tidak harus ditelan bulat-bulat atau ditolak mentah-mentah. 

Kebenaran ilmiah adalah kebenaran yang menggairahkan untuk diteliti ulang. Menurut para pakar, kebenaran ilmiah adalah kebenaran relatif yang masih harus terus menerus disempurnakan. Kebenaran absolut adalah milik Allah SWT.

Cabang-Cabang Biologi
Ilmu pengetahuan yang berkembang dapat diibaratkan sebagai pohon yang semakin besar, tumbuh cabang, anak cabang, ranting dan seterusnya hingga pohon tersebut semakin rimbun. 

Biologi misalnya, kini memiliki cabang-cabang biologi yang semakin spesifik dengan objek kajian yang semakin khusus. 

Dari ilmu manusia muncul cabang ilmu kesehatan dan saat ini muncul ilmu-ilmu spesifik seperti spesialisasi mata, THT, kulit, internis, bedah mulut dan lainnya. Demikian pula dalam bidang pertanian ada cabang-cabangnya. Cabang-cabang biologi diantaranya adalah:

1. Sitologi, mempelajari khusus tentang sel
2. Embriologi, perkembangan embiro
3. Histologi, jaringan hewan
4. Anatomi, bagian struktur hidup mahluk hidup
5. Genetika, hukum-hukum pewaris sifat
6. Mikologi, spesialis tentnag jamur-jamuran
7. Paleontologi, fosil dan hubungannya dengan sejarah bumi
8. Botani, khusus tumbuhan
9. dan lainnya

Selain perkembangan ilmu ada pula pengembangan penerapan ilmu yang dikenal sebagai biologi terapan. 

Tujuan penerapan ilmu adalah agar ilmu itu dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan umat manusia seperti bioteknologi, fitologi, rekayasan genetika dan lainnya. Penelitian-penelitian biologi terus berkembang seiring majunya peradaban. 

Ruang Lingkup Biologi dan Permasalahannya
Sistem biologi terbentang dari lingkup yang paling kecil yaitu molekul hingga lingkup bioma yang luas.

Dalam sistem molekul, biologi mempelajari berbagai macam struktur dan ciri molekul yang melakukan reaksi penyusunan dan pembongkaran. Molekul-molekul tersebut berinteraksi membentuk sel. 

Sel berinteraksi menyusun jaringan dan beberapa jaringan membentuk organ. Sistem organ berinteraksi menyusun mahluk hidup.

Setiap individu berinteraksi membentuk kumpulan individu sejenis yang dikenal populasi. Interaksi antar populasi membentuk komunitas. Komunitas dengan lingkungan baiotik menyusun ekosistem. Berbagai ekosistem berinteraksi menyususn biosfer.

Manfaat Biologi
Biologi bermanfaat bagi kehidupan diantaranya
a. Membantu dalam menemukan dan mengembangkan bahan makanan, bahan pakaian, bahan peralatan rumah, obat, energi dan lainnya.
b. Menemukan penyebab dan pengobatan berbagai macam penyakit pada mahluk hidup.
c. Menyingkap rahasia proses-proses kehidupan, pewaris sifat dan pengendali proses kehidupan atau gen.
d. Mengkaji dan melestarikan lingkungan untuk kelestarian kehidupan.

Gambar: disini
close