Pengalaman Hidung Luka Iritasi Karena Cuaca Dingin - Geograph88

Pengalaman Hidung Luka Iritasi Karena Cuaca Dingin

Pengalaman Hidung Luka Iritasi Karena Cuaca Dingin
Halo teman-teman sekalian, kali ini gue akan sedikit berbagai cerita seputar kesehatan yaitu saat hidung luka iritasi. Mudah-mudahan bisa bermanfaat buat kalian semua yang sedang punya pengalaman sama.

Jadi ceritanya gini, beberapa bulan lalu saya dapat tugas pelatihan ke Bandung selama 2 bulan, lumayan lama kan. Akhirnya harus cari kost-kostan di sana dekat UPI. Selama ini saya biasa tinggal di Bekasi kota yang super panas boo.

Saya berangkat ke Bandung pakai motor biar disana bisa bebas kemana-mana. Saya dapat kost-kostan di Cidadap, lumayan agak jauh dari UPI keatas, tapi karena fasilitas WC di dalam dan suasana cukup asri jadi saya putuskan kost disana.

Nah beberapa hari pertama badan saya langsung bereaksi dengan suhu dingin menusuk khas dataran tinggi. Awalnya hidung meler-meler, mampet dan lainnya lah gak enak. Saya maklumi karena mungkin weather shock, biasa panas di Bekasi datang ke Bandung beda drastis.

Lalu setelah beberapa minggu, hidung terus-terusan gak enak karena saya punya alergi sinusitis. Nah yang paling gak enak adalah saat mendapati hidung sebelah kiri perih. Mungkin karena terlalu sering buang ingus akibat lendir keluar terus.

Lama kelamaan hidung makin perih, gatal dan super gak enak. Saya lihat di cermin ternyata udah merah dan lecet guys. Waduh ternyata perubahan suhu sangat memengaruhi kondisi hidung gue, jadi kering dan lecet.

Alhasil saya nahan perih terus selama 1 bulan lebih. Rongga hidung bagian dalam saya luka dan berdarah jika saya korek, maklum gatel banget pengennya ngupil. Sumpah baru kali ini hidung gatel banget ampe lecet.

Saya searching di google cara mengatasi hidung lecet dan lainnya. Terus terang saya malas ke dokter karena udah mahal dan pastinya cuma dikasih obat umum aja. Jadi saya putuskan baca dulu literasi sebanyak mungkin.
Kota Bandung bersuhu sejuk
Lalu saya dapat beberapa pengalaman netizen tentang iritasi hidung. Ada beberapa tips untuk mengatasi iritasi hidung mulai dari membasuh dengan air biar hidung gak kering dan mandi air hangat, dan menghirup uap. Saya juga rutin minum air hangat dan bilas hidung dengan air garam hangat.

Selama di Bandung saya lakukan itu semua untuk mengurangi penderitaan hidung luka dan infeksi. Jadi saya gak pake obat-obatan kimia pokonya, karena percaya sistem imun bisa mengatasinya.

Setelah dua bulan akhirnya pelatihan beres dan kembali ke Bekasi. Saat kembali ke Bekasi, cuaca kembali panas dan hidung saya yang tadinya kering, perih, berdarah akhirnya reda dengan sendirinya. Jadi memang jika kita terbiasa hidup di daerah panas maka saat pindah ke daerah dingin akan muncul ketidaknormalan. Tubuh akan beradaptasi lagi dengan keadaan lingkungan.

Intinya saat hidung anda iritasi, jangan terus dikorek ya gan nanti tambah luka. Memang gatel tapi mending bilas ma air hangat saja untuk meredakan gatalnya. Jangan sampai infeksinya tambah berat karena dikorek terus.
close