Rangkuman Materi Biologi: Animalia - Geograph88

Rangkuman Materi Biologi: Animalia

Rangkuman Materi Biologi: Animalia
Kingdom Animalia merupakna kelompok hewan bersel banyak (Metazoa) yang selnya tidak punya dinding dan tidak berklorofil.

Kategori Animalia adalah filum Porifera, Ctenophora, Cnidaria, Platyhelminthes, Nematoda, Annelida, Arthropoda, Echinodermata, Mollusca dan Chordata.

Porifera adalah hewan dengan tubuh berpori-pori dan punya bentuk tubuh dan spikula beranekaragam.

Porifera berhabitat di perairan dan dibagi ke dalam 3 kelas yaitu Calcarea, Hexactinellida dan Demospongia.

Coelenterata adalah kelompok hewan beronggai yang dalam daur hidupnya dapat hidup sebagai polip atau medusa. Coelenterata terdiri atas dua filum yaitu Ctenophora dan Cnidaria.

Ctenophora memiliki mulut dan dua lubang anus, tidak punya sel penyengat (knidosit). Cnidaria haya punya satu lubang yang berfungsi sebagai mulut dan anus.

Cnidaria memiliki sel penyengat, membentuk karang  pantai, karang sawah dan atol. Cnidaria dibedakan menjadi 3 kelas yaitu Hydrozoa, Scyphozoa dan Anthozoa.

Platyhelminthes atau cacing pipih memiliki bentuk tubuh pipih, tidak memiliki rongga tubuh dan alat pencernaannya tidak sempurna. Pada umumnya cacing pipih hidup sebagai parasit namun ada juga yang hidup bebas di perairan. Platyhelminthes terbagi ke dalam tiga kelas yaitu Tubellaria, Trematoda dan Cestoda.

Nematoda atau cacing gilik punya bentuk tubuh silindris dan tidak beruas-ruas. Hewan ini punya sistem pencernaan yang sempurna dan hidup bebas.

Annelida disebut juga cacing gelang dan punya ciri tubuh panjang, beruas-ruas dan memiliki alat pencernaan sempurna. Annelida dibagi menjadi tiga kelas yaitu Polychaeta, Oligocaera dan Hidrudinea.

Mollusca atau hewan lunask memiliki mantel yang dapat membentuk cangkang. Myriapoda hidup di air maupun di darat dan hidup secara bebas atau parasit. Mollusca dibedakan menjadi lima kelas yaitu Polyplacophora, Scacopoda, Gastropoda, Pelecypoda dan Cephalopoda.

Arthropoda adalah hewan dengan ciri khusus kaki beruas-ruas. Tubuhnya memiliki kerangka luar (eksoskeleton) yang keras dan kaku dant erbuat dari kitin. Hewan ini hidup di darat, laut dan udara dan ada pula hidup bebas maupun sebagai parasit.

Arthropoda dibagi menjadi empat subfilum yaitu Crustacea, Chelicerata, Myriapoda dan Hexapoda (Insecta).

Echinodermata disebut juga hewan berkulit duri dan punya ciri tubuh tidak bersegmen-segmen namun berduri. Hewan ini hidup di laut. Echinodermata dibedakan menjadi lima kelas yaitu Asteroidea, Ophiuroidea, Echinoidea, Crinoidea dan Holothuroidea.

Chordata adalah hwan bertubuh simetris bilateral dan punya kerangka sumbu tubuh (korda dorsalis), sistem saraf pusat berbentuk pembuluh dan punya insang yang berhubungan dengan faring.

Salah satu subfilum Chordata adalah Vertebrata (hewan bertulang belakang) yang dibagi menjadi lima kelas yaitu Pisces, Amphibia, Reptilia, Aves dan Mamalia.

Baca juga: Rangkuman kelas 11 bab sel
Kingdom Animalia
close