Tips Memilih Sekolah Untuk Anak - Geograph88

Tips Memilih Sekolah Untuk Anak

Tips Memilih Sekolah Untuk Anak
Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi manusia. Pendidikan yang baik akan menghasilkan manusia yang utuh dan berbudi luhur. 

Sekarang ini di Indonesia khususnya, banyak sekali lembaga-lembaga pendidikan/sekolah yang menawarkan berbagai program-program bagi calon siswanya. 

Para orang tua calon siswa tentunya banyak yang bingung untuk memilih sekolah mana yang paling baik untuk anaknya.

Saat ini banyak tawaran jenis-jenis sekolah mulia dari sekolah nasional plus, sekolah internasional, sekolah cambridge, sekolah boarding dan lain sebagainya. 

Berikut beberapa tips agar orang tua siswa tidak salah memilih sekolah untuk anaknya
1. Survey/Cek website sekolah
Hal pertama yang harus dilakukan orang tua sebelum mendaftarkan anaknya ke sekolah adalah dengan membuka website sekolah tujuan. 

Saat ini dengan akses internet yang sudah maju tentunya akan mempermudah orang tua searching. Memang ada beberapa sekolah yang belum memiliki web, namun untuk sekolah-sekolah unggulan biasanya sudah memiliki web sendiri. 

2. Lihat pimpinan/kepala sekolahnya
Banyak orang tua siswa yang seringkali terjebak oleh iklan-iklan atau rayuan mengenai keunggulan suatu sekolah padahal isinya omong kosong. 

Saya sarankan orang tua siswa agar lebih jeli melihat hal tersebut, jangan sampai dengan melihat iklan di web atau koran saja langsung terkesima dengan namanya Cambridge Curriculum, Internasional Program dan Tek-tek bengek lainnya. 

Coba langsung datang ke sekolah dan berdialoglah dengan pimpinan/kepala sekolah tersebut. Jangan takut dengan kepala sekolah karena bagaimanapun orang tua harus tahu karakter pemimpin sekolah yang baik. 

Gaya, tutur kata, sikap seorang pemimpin sekolah yang baik tentu akan terlihat jika orang tua siswa melihat dengan kepala sendiri. 

3. Dialog dengan guru
Guru merupakan sutradara utama pembelajaran di sekolah, jadi biasakan ketika survey ke sekolah maka berdialoglah dengan beberapa guru dan tanyakan tentang metode belajar atau cara mereka mengelola siswa. 

Tanyakanlah apakah ia sering ikut serta dalam pelatihan kompetensi guru atau lainnya. Salah satu ciri sekolah unggul adalah guru-guru di sekolah tersebut banyak mengikuti pelatihan-pelatihan sehingga kemampuan mereka dalam mendidik anak meningkat.

4. Tanya alumni
Sekolah yang sudah lama berdiri tentunya banyak menghasilkan alumni-alumni. Anda bisa bertanya pada alumni-alumni tersebut tentang kegiatan-kegiatan dan hal-hal yang berkaitan dengan sekolah. 

5. Lihat lingkungannya
Jika anda survey ke sekolah lihatlah kondisi lingkungan sekitarnya, apakah bersih?dekat pabrik?atau di jalur macet dan lain sebagainya. 

Salah satu ciri sekolah yang baik lingkungannya adalah memiliki WC yang bersih. Jadi jika anda pergi ke sekolah, coba pergi ke WC apakah bersih atau kotor?. Jika bersih tentunya manajemen sekolah tersebut bagus dan guru-gurunya membiasakan siswa untuk hidup bersih.

6. Cek biaya
Nah ini yang paling utama yang berkenaan dengan kocek. Coba sesuaikan biaya sekolah anak dengan penghasilan agar tidak terlalu berat nantinya. 

Kalau sekolah-sekolah yang memiliki titel Cambridge, Boarding, IGCSE tentunya akan menguras kantong dompet anda. Tapi jika kondisi keuangan anda baik dan setelah survey, sekolah tersebut memang bagus kualitasnya tentunya biaya tidak menjadi masalah.

Itulah sedikit tips ketika akan memilih sekolah untuk buah hati anda. Sekali lagi teliti dengan betul dan jangan termakan rayuan iklan atau marketing sekolah sebelum anda sendiri datang ke sekolah dan melihat langsung kondisi sekolah yang sebenarnya.



Gambar:
disini
close