Tips Jitu Bedakan Batu Akik Palsu dan Asli Tanpa Alat - Geograph88

Tips Jitu Bedakan Batu Akik Palsu dan Asli Tanpa Alat

Tips Jitu Bedakan Batu Akik Palsu dan Asli Tanpa Alat
Batu akik sekarang menjadi fenomena yang merebak di kalangan masyarakat Indonesia.
Banyak masyarakat yang sekarang ini beralih profesi menjadi penjual batu akik/gemstone. 

Kini orang-orang mulai berburu batu berharga hingga ke pedalaman hutan. Harga batu akik kini menjadi fenomenal bahkan ada yang menembus angka milyaran rupiah.

Lalu apa istimewanya sebuah batu? padahal jika dilihat dari bentuk yang sama aja. Perlu diketahui bahwa batu berasal dari satu bahan yaitu magma yang berada di dalam bumi lalu membeku dan berubah wujud karena pengaruh lingkungan. 

Di tengah demam batu akik ini anda harus mewaspadai orang-orang yang memanfaatkan kondisi dengan menjual batu akik palsu. Agar tidak tertipu oleh batu akik palsu maka saya berikan beberapa tips sederhana untuk membedakan mana batu akik asli dan palsu. 

Tentu jika ingin akurat anda harus pergi ke laboratorium geologi untuk dilihat menggunakan mikroskop tapi sedikit tips sederhana berikut tentunya akan bermanfaat bagi anda yang sedang berburu batu akik.

1. Berat
Batu merupakan magma yang membeku dan tersusun atas kristal-kristal di dalamnya. Batu akik asli akan memiliki berat/bobot yang lebih besar dibanding batu sintesis atau batu imitasi dari plastik. Langkah sederhanya adalah anda tinggal menimbang batu tersebut apakah teras berat ditangan atau di timbangan.

2. Serat
Batu alam sehalus apapun ia akan memiliki serat di dalamnya. Jadi periksalah permukaannya apakah ada serta atau urat-urat dalam tubuh batuan tersebut.

3. Suhu
Batu bersifat cepat melepas panas, jadi coba tempelkan batu ke pipi anda jika terasa dingin maka dipastikan itu batu asli tapi jika ketika ditempelkan di kulit, batu terasa tidak dingin dan agak hangat maka bisa diragukan keasliannya.



Memang setiap orang ini cepat terkesima dengan batu yang berwarna dan terlihat indah, namun anda harus berhati-hati dan memiliki pengetahuan dasar mengenai cara membedakan batu yang memang pantas dihargai mahal atau hanya sekedar batu imitasi. 

Saya sarankan jika anda tertarik membeli batu akik maka ajaklah orang ahli yang tahu tentang batuan seperti alumni jurusan geoologi, guru geografi atau lainnya. Selamat berburu batu mulia.



Gambar:

close