Perbedaan Tumbuhan Angiospermae dan Gimnospermae - Geograph88

Perbedaan Tumbuhan Angiospermae dan Gimnospermae

Perbedaan Tumbuhan Angiospermae dan Gimnospermae
Kalian tentu sering menemukan ada tanaman yang bisa berbunga dan ada yang tidak, bukan?. Dimana letak perbedaannya?. Angiospermae  atau disebut juga tanaman berbungamemiliki biji yang tertutup dalam ovarium (biasanya buah), sedangkan gimnospermae tidak memiliki bunga atau buah-buahan, dan memiliki benih unenclosed atau "telanjang" pada permukaan sisik atau daun. 

Biji gimnospermae sering berbentuk seperti kerucut. Karakteristik yang membedakan angiospermae dari gimnospermea termasuk  dalam hal bunga, buah, dan endosperma dalam biji. Berikut ini perbandingan antara kedua jenis tumbuhan tersebut:
Perbedaan Angiospermae dan Gimnospermae
Buah Pinus dan Apel,

Definisi
Angiospermae = tanaman berbunga, benih biji tertutup dalam ovarium
Gimnospermae = tanaman tidak berbunga, benih terlihat dari luar

Biji
Angiospermae = Tertutup di dalam ovarium, biasanya dalam buah
Gimnospermae = Terlihat dari luar, berbentuk kerucut biasanya

Siklus Hidup
Angiospermae = musiman
Gimnospermae = hijau sepanjang tahun

Sistem reproduksi
Angiospermae = hadir dalam bunga, biasanya berkelamin tunggal atau ganda
Gimnospermae = kerucut, kelamin tunggal

Daun 
Angiospermae = datar
Gimnospermae = berbentuk jarum

Kotiledon
Angiospermae = ada, bisa monokotil atau dikotil
Gimnospermae = tidak ada

Kayu
Angiospermae = keras
Gimnospermae = lunak

Reproduksi
Angiospermae = sebagian bergantung pada hewan
Gimnospermae = mengandalkan angin kebanyakan


Ratusan juta tahun yang lalu nih ceritanya, gimnospermae adalah satu-satunya jenis tanaman hidup di Bumi. Antara 250 dan 200 juta tahun yang lalu, angiospermae mulai berkembang di bumi. Sekarang, angiospermae lebih luas penyebarannya dan dapat dianggap mendominasi planet ini. Angiospermae memiliki biodiversitas yang lebih tinggi, dengan kisaran 250.000 hingga 400.000 spesies. Mereka mendiami setiap jenis tanah dan lingkungan air kecuali habitat yang paling ekstrim. Angiospermae dapat bertipe dikotil atau monokotil.

Contoh angiospermae adalah tumbuhan monokotil seperti bunga lili, anggrek, agaves (dikenal nektar agave) dan rumput; dan dikotil seperti mawar, kacang polong, bunga matahari, pohon oak dan maple.
Contoh gimnospermae termasuk tanaman tidak-berbunga pohon cemara seperti pinus, cemara dan cemara. Spesies gimnospermae hanya berjumlah ribuan. Mereka ditemukan di daerah padang pasir ke habitat semi-gurun.
close