Struktur Anatomi Daun - Geograph88

Struktur Anatomi Daun

Struktur Anatomi Daun
Daun adalah bagian tumbuhan yang biasanya berbentuk lembaran pipih dan berwarna hijau. 

Namun ada pula beberapa jenis daun yang bentuknya kaya jarum seperti pinsu atau sisik pada kaktus. Selain itu masih banyak modifikasi bentuk yang lain dari daun.

Daun tumbuhan duduk pada batang dengan pola teratur dan tertentu. Daun biasanya memiliki umur tertentu dan akan gugur saat usia tertentu. Daun memiliki fungsi sebagai tempat pembuatan makakan bagi tumbuhan melalui proses fofosintesis.

a. Struktur Anatomi Daun
Seperti halnya batang dan akar, secara anatomi daun tersusun atas tiga sistem jaringan yaitu kulit (epidermis), jaringan dasar (parenkima) dan jaringan pengangkut (vaskular). 

1. Epidermis
Epidermis daun mengandung sel-sel kipas dan stomata yang ada pada kedua permukaan atau di permukaan bawah saja. 

Di bawah epideris biasanya terdapat hipodermis yang merupakan derivat dari epidermis. Epidermis atas pada daun biasanya dilindungi oleh lapisan kutikula atau lilin sebagai penahan terjadinya penguapan terlalu besar.

Epidermis juga dapat bermodifikasi menjadi trikoma. Trikoma berasal dari penonjilan epidermis. Trikoma dapat berbentuk rambut, duri, gelembung atau tabung. Fungsi trikoma adalah untuk melindungi dan memantulkan radiasi matahari.
Struktur Anatomi Daun
Struktur anatomi daun
2. Jaringan dasar
Jaringan dasar atau mesofil berada diantara kedua epidermis,epidermis atas dan epidermis bawah. Mesofil merupakan daerah utama tempat fotosintesis.

 Pada kebanyakan daun dikotil, mesofil terdiferensiasi menjadi parenkima palisade (jaringan tiang) dan parenkima spons (jaringan bunga karang). 

Sel-sel palisade bentuknya memanjang, mengandung banyak kloroplas dan tersusun rapat. Parenkima spons bentuknya tidak teratur, bercabang, mengandung lebih sedikit kloroplas dan tersusun renggang.

3. Berkas pengangkut
Berkasi pengangkut (xilem dan floem) pada daun terdapat di tulang daun dan memiliki susunan seperti pada batangnya walaupun tidak seluas yang ada di batang. 

Semakin dekat dengan ujung tulang daun, susunan berkasi pengangkut semakin sederhana. Gambar: disini
close