Mei 2015 - Geograph88
Sumber-Sumber Pencemaran Air

Sumber-Sumber Pencemaran Air

Pencemaran air merupakan salah satu fenomena yang banyak terjadi di kehidupan sekarang ini khususnya pada negara-negara berkembang. 

Pencemaran air menyebabkan terjadinya penurunan kualitas air sehingga akan menimbulkan kerugian bagi lingkungan. 

Sumber-sumber pencemar air dapat berasal dari faktor alami maupun manusia. 

Pada kenyataannya faktor manusia lebih dominan memberikan dampak terhadap pencemaran air dibandingkan faktor alam.

Pencemar yang berasal dari faktor alam meliputi peningkatan zat tersuspensi karena erosi, banjir dan akibat intrusi air laut.

 Sementara itu  sumber pencemaran yang dihasilkan manusia antara lain karena kegiatan industri, kegiatan rumah tangga, kegiatan pemanfaatan hutan, dan kegiatan penambangan. Baca juga: Dampak positif negatif kegiatan wisata

Sumber pencemaran air
Parameter pencemaran air yang umum digunakan untuk menganalisis limbah cair meliputi parameter fisika seperti suhu,  warna, bau, rasa, kekeruhan dan zat pada tersuspensi. 

Parameter kimia seperti pH, zat organik seperti minyak dan zat anorganik seperti logam berat. Parameter bakteriologi meliputi bakteri coliform, parisitik dan patogenik.
Secara umum penyebaran bahan pencemar di air sangat dipenagruhi oleh:

1. Kecepatan arus pada badan air
2. Berat jenis bahan pencemar
3. Sifat bahan pencemar
4. Kualitas badan air

Faktor-faktor tersebut di atas akan memengaruhi pengolahan air secara alami (self purification) artinya bahwa ada limbah cair rumah tangga dapat diolah dengan menggunakan oksigen yang di sekitarnya sehingga tidka perlu lagi harus membuat alat/teknologi pengolahan limbah. Jadi alam sebenarnya mampu mengolah limbah secara alami.

Baca juga:

Sumber Pencemaran Air
Paling tidak terdapat 9 sumber pencemar air yang biasa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari yaitu sebagai berikut:
1. Kegiatan Rumah Tangga
Kegiatan sehari-hari seperti mencuci, mandai, kakus atau sampah rumah tangga lainnya dapat mencemari air. Septic tank yang bocor juga dapat mencemari air tanah.
2. Kegiatan Industri
Kegiatan industri kecil atau besar banyak menghasilkan limbah dalam berbagai bentuk seperti asap, cairan maupun bentuk padat.
3. Kegiatan Pertanian dan Peternakan
Penggunaan pestisida, kotoran hewan dan penggunaan pupuk dapat menimbulkan pencemaran air. Pada rumah pemotongan hewan, sisa cucian ternak atau darah hasil penyembelihan dapat mengotori air.
4. Kegiatan Transportasi
Kegiatan transportasi dapat menjadi sumber pencemar perairan seperti sisa oli, atau sisa mobil bekas yang dibuang ke laut dapat mencemari air. 
5. Kegiatan Fasilitas Sosial dan Fasilitas Umum
Berbagai fasilitas umum banyak menghasilkan limbah seperti rumah sakit menghasilkan limbah cair dari lab, kamar operasi, dapur. Toilet di terminal banyak membuat saluran limbah langsung ke selokan atau tanah.
6. Kegiatan Perdagangan
Kegiatan perdagangan baik dari sektor formal maupun informal seringkali menghasilkan limbah cair seperti oli pada bengkel motor, limbah warung kaki lima, limbah air loundry dan lainnya.
7. Kegiatan Pengolahan Akhir Sampah
Kegiatan pengolahan sampah dapat menghasilkan limbah cair yang berasal dari proses leaching sampah sehingga akan mencemari air tanah.
8. Kegiatan Kehutanan
Kegiatan penebangan di hutan dapat menghasilkan limbah cari yang berasal dari erosi tanah kemudian hanyut ke sungai dan mencemari air.
9. Kegiatan Pertambangan
Kegiatan pertambangan dapat menimbulkan limbah cair yang berasal dari proses produksi seperti lumpur bor, emulsi minyak atau logam berat (merkuri).
Pencemaran sungai yang merusak kehidupan
Sumber dan Gambar: disini, disini 
Resep Iga Barbeque

Resep Iga Barbeque

Daging Iga merupakan salah satu bagian yang banyak dicari oleh para pecinta kuliner. Berbagai masakan yang berasal dari daging iga kini banyak bermunculan.

Daging Iga semakin populer karena tekstur dagingnya yang lebih empuk dibanding daging lainnya. 

Menurut penelitian, daging iga merupakan salah satu daging yang paling baik dikonsumsi karena ia melekat dengan tulang. 

Salah satu sajian dengan bahan dasar Iga adalah Iga Barbeque. Berikut ini cara penyajiannya.


Bahan:
- air 3 lt
- iga sapi 1 kg
- daun salam 3 lembar

Bumbu:
- margarin 1 sdm
- bawang merah (haluskan) 4 butir
- bawang putih (haluskan) 2 siung
- saus barbeque 350 g
- madu 1 sdm
- garam 1/2 sdt

Cara membuat:
  1. didihkan air, rebus iga bersama daun salam hingga empuk, angkat dan tiriskan.
  2. lumuri iga dengan bumbu, diamkan selama 1 jam.
  3. bakar iga hingga matang.
Tips: 
Agar iga lebih cepat empuk, gunakan panci presto. selain diatas bara api, iga bisa dibakar menggunakan teflon. Agar lebih nikmat, sajikan bersama irisan sayur buncis dan wortel .

Gambar:
disini
Resep Kwetiaw Sapi

Resep Kwetiaw Sapi

Kwetiau merupakan makanan berupa mie berwana putih yang berasal dari Tiongkok.

Makanan ini cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia khusunya di wilayah perkotaan.

Makanan ini relatif mudah dibuat dan banyak dijajakan mulai dari warung kaki lima hingga restoran. 

Ada banyak variasi kwetiau dan diantaranya adalah kwetiau sapi. Pada dasarnya semua mie kwetiaw sama berbentuk pipih namun hanya variasi daging atau isinya saja yang berbeda. 

Bagi yang ingin mencoba membuat sendiri kwetiau sapi, berikut bahan-bahannya.



Bahan:
- Minyak goreng 5 sdm
- Daging sapi/ayam (potong kasar) 200 g
- Telur 2 butir
- Taoge 100 g
- Sawi hijau (potong kasar) 100 g
- Kubis (cincang kasar) 100 g
- Kwetiau 500 g
- Kecap asin 1 sdm
- Kecap manis 4 sdm
- Gula pasir 1 sdt
- Kaldu ayam 2 sdm

Pelengkap:
Bawang merah goreng

Cara membuat:
  1. panaskan 3 sdm minyak, tumis daging hingga berubah warna, sisihkan.
  2. panaskan 2 sdm minyak, goreng telur, tauge, sawi hijau, kubis dan kwetiau selama 2 menit sambil terus diaduk.
  3. masukan daging, aduk rata.
  4. tambahkan kecap asin, gula pasir, kaldu dan kecap manis, aduk rata. masak hingga matang.
  5. sajikan bersama taburan bawang merah goreng.
Sumber dan Gambar:
diolah dari berbagai referensi
disini
Manfaat Analisis Mengenai Dampak Lingkugan (AMDAL)

Manfaat Analisis Mengenai Dampak Lingkugan (AMDAL)

Apakah anda sedang merencanakan membuat sebuah usaha/industri?. Jika iya, sudahkah anda membuat AMDAL usaha tersebut?. 

AMDAL atau Analisis Mengenai Dampak Lingkungan merupakan suatu studi mendalam tentang dampak yang ditimbulkan oleh suatu rencana kegiatan/proyek/usaha selama proses persiapan, pembangunan dan pengoperasian kegiatan tersebut. 

Hasil studi AMDAL meurpakan bahan masukan bagi para pengambil keputusan dalam menetapkan kegiatan pengelolaan lingkungan yang harus dilaksanakan oleh pemilik usulan kegiatan pembangunan, maupun oleh pihak-pihak lain yang berkepentingan terhadap lingkungan dan kegiatan pembangunan tersebut.

Manfaat AMDAL dapat dibagi ke dalam 4 kelompok yaitu:

1. Bagi pemilik usaha/proyek
  • AMDAL memberikan gambaran yang jelas atas manfaat, risiko dan sasaran terkait usaha/proyek.
  • AMDAL memberikan gambaran yang detail atas kondisi lingkungan baik biogeofisik, sosial, ekonomi dan budaya masyarakat di sekitar lokasi unit usaha/proyek.
  • AMDAL dapat dijadikan sebagai bahan penguji secara komperhensif atas perencanaan proyek, sehingga pemilik usaha/proyek dapat meminimalisir resiko dan kelemahan usahanya
  • AMDAL dapat dijadikan sebagai landasan perencanaan pengelolaan lingkungan yang lebih baik dan merupakan bagian dari pengelolaan pembangunan usaha/proyek secara keseluruhan.
2. Bagi pemerintah
  • AMDAL dapat dimanfaatkan pemerintah untuk mengontrol pengelolaan lingkungan oleh pemilik usaha/proyek.
  • AMDAL dapat dimanfaatkan untuk mengontrol penggunaan sumber daya alam dan lingkungan oleh pemilik usaha/proyek.
  • AMDAL dapat dimanfaatkan untuk mencegah kerusakan dan pemborosan penggunaan sumber daya lingkungan.
  • AMDAL untuk menghindari terjadinya konflik dengan proyek lain atau masyarakat di sekitar lokais proyek.
3.Bagi masyarakat
  • AMDAL dapat dimanfaatkan masyarakat untuk mengontrol pengelolaan sumber daya alam.
  • Untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan masyarakat.
4. Bagi Lingkungan
  • Terpeliharanya kualitas lingkungan dengan baik.
  • Terjaminnya keberlanjutan sumber daya lingkungan.
Sungai yang tercemar akibat limbah pabrik


Sumber dan Gambar:
Modul Diklat SCBD 2007.
Peranan Geografi Sebagai Pendidikan Kependudukan

Peranan Geografi Sebagai Pendidikan Kependudukan

Penduduk merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam geografi. Ruang permukaan bumi saat ini semakin padat oleh meningkatnya jumlah penduduk dunia. 

Berapa jumlah penduduk Indonesia saat ini?Apakah dengan jumlah penduduk yang besar tersebut Indonesia sudah mampu memanfaatkannya dengan maksimal bagi pembangunan?. 

Dalam geografi penduduk, manusia penghuni suatu wilayah dipelajari pola 
penyebarannya, kepadatannya, pertumbuhannya hingga perbandingannya dengan jumlah luas lahan (mand-land ratio)

Hal ini menunjukkan bahwa penduduk dipelajari relasi keruangan dengan lingkungan tempat mereka hidup.

Berdasarkan proses studi dan analisa tersebut maka akan diperoleh data berkaitan dengan masalah kependudukan pada wilayah tertentu.

Masalah kependudukan yang terjadi di permukaan bumi saat ini disebabkan utamanya karena pertmubuhan penduduk yang tidak diimbangi dengan pemerataan lokasi mereka hidup dan ketidakseimbangan dengan penambahan bahan kebutuhan pokok. 

Jika dikaitakan dalam teori ekonomi Malthus pada abad ke 18 bahwa pertumbuhan penduduk bertambah berdasarkan deret ukur sedangkan perutmbuhan kebutuhan manusia berdasarkan deret hitung. 

Namun tentunya dengan kemajuan teknologi, teori tersebut bisa diantisipasi asalkan dengan assa keadilan.

Lalu apa saja permasalahan penduduk di Indonesia saat ini?
1. kemiskinan
2. ketidakmerataan penduduk
3. mentalitas lemah
4. sensitif

Itu tentunya hanya sebagian dari rumitnya permasalahan kependudukan di Indonesia dan geografi memiliki peran untuk mencari solusi atas permasalahan tersebut tentunya berintegrasi dengan ilmu lainnya seperti ekonomi, sosisologi dan ekologi contohnya.

Pendidikan Kependudukan merupakan proses pendidikan yang tekanannya kepada informasi masalah kependudukan yang tujuannya mengubah masyarakat ke arah hal-hal positif dalam menanggulangi maslaah kependudukan. 

Secara sederhana peranan geografi pada pendidikan kependudukan yaitu:
1. Menumbuhkan pemahaman siswa akan masalah sosial dan masalah geografi sebagai akibat dari kesenjangan antara pertumbuhan penduduk dan daya dukung lahan.
2. Membina sikap mental masyarakat agar lebih positif dalam menyikapi setiap permasalahan penduduk.
3. Membimbing peserta didik agar dapat mencari jalan keluar secara holistik untuk mengatasi permasalahan kependudukan.

Sumber dan Gambar:
Iwan Hermawan. Geografi Sebuah Pengantar.
Peranan Geografi Dalam Pendidikan Nasional

Peranan Geografi Dalam Pendidikan Nasional

Pendidikan merupakan proses yang dialami manusia sepanjang hayat dan merupakan salah satu kebutuhan terpenting dalam hidup. 

Pendidikan dapat berbentuk pendidikan formal dan pendidikan informal. Dalam pendidikan formal geografi merupakan salah satu pelajaran yang termuat dalam kurikulum SMP dan SMA. 

Lantas seberapa jauh peranan geograif dalam pendidikan nasional. Cita-cita mewujudkan pendidikan nasional sudah dimulai sejak zaman kolonialisme Belanda sebagai bentuk reaksi terhadap pendidikan Hindia Belanda yang tidak memberikan kesempatan luas dan merata kepada bangsa Indonesia untuk memperoleh pendidikan layak. 

Upaya keras tersebut telah melahirkan banyak tokoh-tokoh bangsa yang memiliki karakter masing-masing.

Perwujudna pendidikan nasional secara de jure direalisasikan dalam Pembukaan UUD 1945 pada kalimat "....membentuk suatu pemerintahan negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa......". Isi pembukaan UUD 45 tersebut menjadi landasan utama dalam penyediaan dan penyelenggaraan pendidikan nasional bagi seluruh rakyat Indonesia tanpa terkecuali.

UU no 20 tahun 1999 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada pasal 3 menyebutkan bahwa Tujuan Pendidikan Nasional adalah : "berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab". 

melihat pada tujuan pendidikan nasional diatas, pengajaran Geografi memiliki peranan besar dalam pencapaian tujuan pendidikan tersebut. 

Konsep-konsep keilmuan geografi terutama konsep keruangan diharapkan mampu meningkatkan keimanan dan ketakwaan peserta didik pada Tuhan YME sehingga ia akan mengelola ruang bumi Indonesia secara bijaksana dan untuk kepentingan rakyat semata.

Konsep yang dikembangkan pada pengajaran geografi yang penting contohnya adalah bagaimana melihat "lokasi" Indonesia sebagai negara yang strategis ditinjau dari sisi iklim, cuaca, politik, perdagangan dan lainnya. 

Lokasi strategis sebagai anugerah Tuhan YME ini perlu disyukuri dan dikelola dengan semaksimal mungkin bagi kemakmuran Indonesia. 

Itulah contoh peranan geografi dalam pendidikan nasional. Pemahamam akan kondisi geografis Indonesia diharapakan akan meningkatkan kecerdasan spasial peserta didik.


Gambar:
Jenis Articles: Indefinite Article (1)

Jenis Articles: Indefinite Article (1)

Article dalam bahasa inggris/grammar adalah jenis kata yang terdiri atas a, an dan the. 

Kata-kata tersebut dipakai manakala menerangkan kata benda dan ditempatkan di depan kata bendanya. 

Ada dua macam article yaitu indefinite article dan definite article. Di postingan kali ini saya akan jelaskan terlebih dahulu mengenai indefinite article.

Indefinite articles adalah a dan an. Keduanya dalam bahasa indonesia dapat diartikan dengan kata: seorang, sebuah meskipun dalam penggunaanya kata tersebut sering tidak digunakan.


Contoh: Ini (sebuah) buku Geografi
Indefinite article dipakai untuk:
1. di depan kata benda countable tunggal yang untuk kali pertama disebut dan tidak menunjuk pada orang, bintang atau benda tertentu. Kata"a" dipakai bila kata di belakangnya dimulai dengan bunyi huruf konsonan dan "an" dengan bunyi huruf vocal.
Contoh: This is a pen. That is an English book.
2. di pdepan kata benda tunggal yang mewakili kelompok kata benda countable.
Contoh: A child needs love. An egg is useful for our health. A bird has wings.
3. di depan kata benda countable tunggal sebagai predikat complement (termasuk jabatan profesi).
Contoh: He is a teacher. She became an athlete.
4. di depan ungkapan bilangan tertentu.
Contoh: a dozen, a couple, a hundred, a lot of
5. dalam ungkapan harga, kecepatan, perbandingan dan lainnya.
Contoh 58 km an hour, two times a day.
6. di depan few dan little.
Contoh: a few books, a little time
Note: few dan little dapat dipakai tanpa a dengan arti "sedikit sekali" (hampir tidak ada)
Contoh: I have few friends here. (Saya punya sedikit teman di sini).
7. di dalam kalimat seru bila kata bendanya countable tunggal
Contoh: Waht a cold day!Wahat an easy examination!
8. di depan Mr/Mrs/Miss + kata benda nama orang bila orang tersebut tidak dikenal si pembicara:
Contoh: A Mr John looked for you just now.

Indefinite article "a" dan "an" tidak dipakai bila:
1. di depan kata benda jamak
Contoh: Dogs are animals. Cows eat grass
2. di depan kata benda uncountable
Contoh: Money is important for us
Note: biasanya uncountable nouns didahului some atau any.
Contoh: He needs some new bike.
3. di depan kata benda abstrak
Contoh:  He was pale with fear, Everyone desires happiness.
4. di depan nama santapan atau makanan, jika tidak diterangkan oleh kata sifat.
Contoh: We have breakfast at eight. (Kecuali: We have a nice breakfast)
Lowongan Guru SMA-SMP Global Islamic Boarding School (GIBS) Banjarmasin

Lowongan Guru SMA-SMP Global Islamic Boarding School (GIBS) Banjarmasin

Menyambut tahun pelajaran baru 2015/2016, Global Islamic Boarding School yang berlokasi di Kalimantan Selatan membutuhkan tenaga-tenaga terampil, berintegritas tinggi, kreatif dan berkompeten untuk mengisi berbagai posisi berikut:
GIBS

1. ASISITEN DIREKTUR/ADR
Kualifikasi
  • Pendidikan Min S1 dengan IPK min 3,20.
  • Mampu berbahasa Inggris.
  • Pengalaman Kerja Minimal 4 tahun.
  • Cerdas, Disiplin dan Pekerja Keras.
  • Mampu menulis dan membuat presentasi yang baik (latar belakang profesi yang lebih disukai: Business Analyst, Management Generalist, Economist, Lecture dan lainnya mirip)
2. GURU MATEMATIKA, FISIKA, TIK, SENI BUDAYA dan PENJASKES/TCH  dan TENAGA ADMINISTRASI SMP/ADM
Kualifikasi
  • Muslim, Ahlakul Karimah, Rapi, Bersih dan Jujur.
  • Mampu membaca Quran dengan baik.
  • Pendidikan Min S1 dengan IPK 3,00.
  • Diutamakan memiliki Akta IV bagi Guru.
  • Mampu berbahasa Inggris.
  • Mampu mengoperasikan Komputer.
  • Diutamakan berpengalaman di bidangnya min 1 tahun.
  • Diutamakan laku-laki bagi Tenaga Administrasi.
  • Diutamakan perempuan untuk Guru Seni dan Penjaskes.
 Cantumkan kode posisi yang dilamar pada bagian kana atas amplop dan kirimkan surat lamaran beserta CV, pas foto terbaru 4x6 (2 lembar), fotokopi ijasah, transkrip nilai dan sertifikat pendukung lainnya ke alamat berikut

HRD SMP-SMA GIBS:
Jl. Trans Kalimantan, Desa Sungai Lumbah, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan 70582 paling lambat 31 Mei 2015.

Sumber:
Banjarmasin Post.
Tsunami, Ketika Getaran dan Air Bertemu

Tsunami, Ketika Getaran dan Air Bertemu

Dulu 24 Desember 2004 adalah sebuah memori kelam tentang bencana terdahsyat yang melanda dunia dan Indonesia khususnya. 

Gelombang air Raksasa (Tsunami) bergerak dari Samudera Pasifik dengan kecepatan ratusan km/jam dan ketika mencapai pantai menghancurkan apa saja yang dilewatinya. 

Air yang pada mulanya tentang di lautan berubah menjadi sebuah kecepatan mahadahsyat seperti kereta peluru Jepang atau jet supersonik. Apa yang menyebabkan Tsunami terbentuk?.

Tsunami merupakan sebuah gelombang air raksasa yang disebabkan oleh aktivitas tektonik. 

Ketika gempa terjadi di dasar laut atau gunung api tengah laut meletus maka getaran kuat akan membuat air bergerak membentuk tsunami. 

Tinggi gelombang tsunami bisa mencapai 10 m lebih ketika menabrak dinding pantai. Tinggi gelombang tsunami sebenarnya tidak terlalu tinggi di laut lepas namun ketika mencapai daratan baru gelombang meninggi karena pengaruh morfologi pantai. 

Jadi jenis pantai juga berpengaruh tethadap besarnya kekuatan merusak sebuah tsunami, pantai yang landai akan lebih rentan tsunami ketimbang pantai batu karang.

Perubahan Tinggi Gelombang Tsunami di Pantai
Planet Bumi ini tersusun atas lusinan lempeng tektonik yang terus bergeser karena pengaruh mantel bumi yang panas. 

Arus konveksi pada lapisan mantel menyebabkan lempeng-lempeng tektonik saling bergerak menghancurkan satu sama lain, bertabrakan, berjauhan atau bergeser dan dampaknya adalah menimbulkan gelombang kejut ke permukaan bumi. 

Gelombang kejut inilah yang memicu air di lautan beriak dengan sangat ekstim hingga membentuk gelombang air raksasa. 

Tanda-tanda tsunami sebenarnya dapat diprediksi dari berbagai kejadiaan seperti air laut di pantai yang surut tiba-tiba, atau hewan-hewan yang bergerak menjauhi dataran rendah. 

Dalam waktu itulah manusia dapat memiliki waktu untuk menyelamatkan diri menuju daerah yang lebih tinggi. 

Tsunami raksasa banyak diawali oleh gempa tektonik sedangkan yang disebabkan oleh erupsi gunung api sangat jarang seperti pada saat Krakatau meletus. 

Indonesia merupakan negara dengan kerentanan bencana tsunami tertinggi di dunia jadi masyarakat yang bermukim di pesisir pantai harus sudah memiliki kesiapsiagaan menghadapi bencana ini.
Proses Tsunami


Sumber dan Gambar:

Faktor Kerentanan Bencana di Indonesia

Faktor Kerentanan Bencana di Indonesia

Bencana....Hmm, pastinya kata ini sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia. 

Indonesia merupakan negara yang memiliki kerentanan bencana yang cukup tinggi di dunia karena berbagai faktor. 

Sebelum membahas tentnag faktor-faktor yang memengaruhi kerentanan bencana, saya akan jelaskan dulu tentang definisi dan jenis bencana itu sendiri. 

Menurut UU No 24 tahun 2007, Bencana dapat didefiniskan sebagai suatu peristiwa yang mengancam dan menggangu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan oleh faktor alam, manusia dan non alam sehingga menimbulkan korban jiwa dan dampak negatif lainnya seperti kerusakan lingkungan, psikologis dan kerugian harta benda.
Menurut BNPB bencana dibagi tiga yaitu bencana alam, bencana non alam dan bencana sosial. 

Bencana alam adalah bencana yang murni diakibatkan oleh faktor alam seperti tsunami, erupsi, longsor dan angin topan. 

Bencana non alam adalah bencana yang diakibatkan faktor non alam seperti gagal teknologi, gagal modernisasi, epidemi dan wabah penyakit. 

Bencana sosial adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa yang berkaitan dengan aktivitas manusia seperti konflik suku dan terorisme. Faktor-faktor kerentanan bencana di Indonesia:

1. Bermukim di lokasi berbahaya
Indonesia adalah negara dengan struktur geomorfologi yang beranekaragam seperti dataran tinggi, dataran rendah, lembah, pegunungan dan lainnya. 

Setiap karakteristik morfologi memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing sehingga harus diantisipasi oleh masyarakat. 

Misalnya daerah pantai yang menghadap ke Samudera lepas memang menyimpan banyak potensi hayati namun masyarakat juga dihadapkan dengan ancaman tsunami suatu saat. Masyarakat yang bermukim dekat bibir pantai harus siap siaga menghadapi ancaman ini. 

2. Kemiskinan
Kondisi ekonomi masyarkat Indonesia yang masih banyak di bawah rata-rata berdampak pada mentalitas dan pola pikir manusia itu sendiri. 

Banyak contoh kasus di bantaran sungai di Jakarta timbul pemukiman kumuh dan jelas itu sangat berbahaya dan menyimpan potensi bencana banjir besar dan kesehatan tentunya. 

3. Urbanisasi
Urbanisasi yang pesat dipicu adanya ketimpangan pembangunan di desa dan kota. Urbanisasi mengakibatkan ove capacity di kota sehingga timbullah masalah baru di kota seperti kemacetan, slum area, kriminalitas dan lainnya.

Urbanisasi juga mengakibatkan lonjakan sampah yang tinggi di kota sehingga menimbulkan dampak lingkungan.

4. Kerusakan Lingkungan
Degradasi lingkungan seringkali mengawali sebuah bencana di suatu daerah. Contohnya kegiatan pembalakan liar di hutan, penambangan ilegal dan pembakaran lahan. 

Daerah resapan di hulu sungai yang dibabat habis oleh oknum penguasa akan berdampak ekologis seperti banjir bandang ketika musim hujan tiba. 

5. Perubahan Budaya
Budaya adalah suatu hal yang melekat dan menjadi identitas sebuah masyarakat. Ambil contoh sederhana adalah tentang budaya membuang sampah. 

Masyarakat Indonesia kini sudah tidak memiliki budaya yang baik dalam membuang sampah. 

Di kota besar atau bahan kota kecil atua desa, sampah sering ditemukan di mana-mana. Sampah yang menumpuk kan menimbulkan bencana seperti bau, penyakit dan bahkan banjir jika di sungai. 

Contohnya lagi Sungai Citarum di Jawa Barat kini menjadi sungai tercemar dan menjadi lautan sampah.

Bencana sebenarnya bisa diminimalisir jika manusia mampu mengolah akal dan pikiran dengan sejernih mungkin dan tidak semena-mena mengeksploitasi ruang di permukaan bumi.
Longsor di Pangalengan Bandung
Sumber dan Gambar:
BNPB
Industri Pendorong Penggerak Kutub Pertumbuhan

Industri Pendorong Penggerak Kutub Pertumbuhan

Potensi dan kemampuan wilayah di permukaan bumi ini berbeda-beda sehingga perlakuan yang dilakukan untuk kegiatan pembangunan akan berbeda-beda. 

Salah teori yang muncul atas dasar perbedaan keadaan geografis tersebut adalah Teori Kutub Pertumbuhan (Growth Pole). 

Growth Pole dikemukakan oleh Francoise Perroux yang berasumsi bahwa pembangunan dan pertumbuhan tidak terjadi di semua wilayah, akan tetapi terbatas hanya pada beberapa tempat tertentu dengan variabel yang berbeda-beda intensitasnya. 

Perroux berpedoman pada teori Tata Ruang Ekonomi (Economic Space Theory), dimana industri pendorong dianggap sebagai titik awal dari sebuah pertumbuhan wilayah. 

Perusahaan-perusahaan yang menguasai pasar ekonomi pada umumnya adalah industri besar yang mempunyai kedudukan oligopolitis dan mempunyai pengaruh yang sangat kuat terhadap kegiatan para langganannya.

Terdapat tiga ciri dasar dari sebuah industri pendorong yaitu:
  1. industri pendorog harus relatif lebih besar besar kapasitas produksinya agar memiliki pengaruh kuat baik langsung maupun tidak langsung terhadap pertumbuhan ekonomi.
  2. industri pendorong harus merupakan tipe sektor strategis yang berkembang sangat cepat.
  3. jumlah dan intensitas hubungannya dengan sektor lain harus penting sehingga besarnya pengaruh yang ditimbulkan dapat diterapkan pada unit ekonomi lain.
Dilihat dari sisi tata ruang geografis, industri-industri pendorong cenderung melahirkan aglomerasi pada kutub pertumbuhan dimana mereka berada. Itulah sebabnya industri pendorong merupakan faktor penting dari pertumbuhan ekonomi suatu wilayah. 

Menurut Miyoshi, sejarah konsep tentang kutub pertumbuhan dibagi ke dalam 4 tahap yaitu:
1. Tahap kelahiran growth pole
2. Tahap penerapan konsep growth pole secara geografis
3. Tahap growth pole sebagai pemicu ketidakseimbangan wilayah
4. Tahap perbaikan growth pole

Konsep growth pole yang dikemukakan oleh Perroux (1955) dengan dasar utama adalah adanya konsentrasi pertumbuhan ekonomi pada ruang tertentu. Growth pole berkembang pesat di tahun 60an pada negara maju dna berkembang.

Pada tahap kedua, banyak ahli-ahli ekonomi membahas tentang konsep ini dan mengaitkannya dengan konsep perencanaan wilayah seperti Boudeville dan Hirschman. 

Pada tahap ketiga beberapa ahli ekonomi wilayah menerangkan bahwa konsep growth pole memicu ketidakseimbangan wilayah khususnya pada daerah belakang.

Pada tahap keempat, berbagai ahli ekonomi melakukan perbaikan terhadap konsep growth pole. Richardson menyatakan bahwa kekecewaan terhadap kebijakan growth pole pada banyak negara bukan merupakan bukti adanya kesalahan konsep polarisasi namun hanya karena waktu penerapanya saja yang  terlalu singkat. 

Di Indonesia sendiri konsep growth pole digunakan sebagai landasan kebijakan pembangunan daerah agar muncul unit-unit wilayah pertumbuhan baru yang nantinya diharapkan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.
Kutub pertumbuhan kota

Sumber dan Gambar:
diolah dari berbagai referensi
close